Hukum

Ini Dia Artis-artis di Sekeliling Ahmad Fathanah

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih melakukan penyidikan terkait kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka Ahmad Fathanah dalam pengaturan kota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Fathanah merupakan orang dekat dari mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga menjadi tersangka dalam kasus ini, Luthfi Hasan Ishaaq.

Dalam pemeriksaan saksi-saksi untuk tersangka Fathanah, para wartawan yang kerap 'ngepos' di KPK tiba-tiba dikejutkan adanya pemeriksaan saksi atas nama Khadijah Azhari pada 1 Mei 2013 lalu. Artis ini lebih dikenal masyarakat dengan nama Ayu Azhari.

Dalam kedatangannya ke KPK, Ayu mengaku menjadi korban janji-janji yang ditawarkan Fathanah. Ayu kerap ditawari pekerjaan untuk menyanyi di pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di beberapa daerah terkait calon yang diusung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam empat kali pertemuan di beberapa tempat antara 3-9 Desember 2012.

Selain Ayu Azhari, diduga ada tiga artis lain yang juga menerima uang dari Fathanah. Salah satunya yaitu artis berinisial JI yang kerap menjadi pembawa acara di sejumlah televisi swasta. Tiga artis lain ini akan segera dipanggil untuk diperiksa penyidik. "Memang ada artis lain, tapi saya belum tahu siapa saja," kata Juru Bicara KPK Johan Budi.

Daftar orang-orang dekat Fathanah dari kalangan artis juga tidak hanya itu. Belakangan KPK melakukan penyitaan terhadap satu unit mobil Honda Jazz berwarna putih terkait Fathanah. Mobil itu rupanya diberikan Fathanah kepada seorang perempuan muda yang berprofesi sebagai model di sejumlah majalah dewasa yaitu Vitalia Sesha.

Berdasarkan pengakuan Vitalia yang pernah diperiksa penyidik KPK, Fathanah memberikan mobil itu atas dasar pertemanan. Selain mobil, Fathanah juga memberikan sebuah jam tangan bermerk Chopard yang harganya sekitar Rp 70 juta.

Tidak hanya itu, salah satu dari lima isteri Fathanah, yaitu Sefti Sanustika juga dikabarkan seorang penyanyi dangdut yang merupakan jebolan dari acara pencari bakat di salah satu televisi swasta. Artis-artis lain yang pernah menerima uang dari Fathanah, tinggal menunggu bom waktu untuk dipanggil penyidik KPK. (rep02)