Fokus Rohil

Pemkab Gelontorkan Rp50 Miliar Bangun RSUD di Batu Enam

int.

BAGANSIAPIAPI-Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang baru di komplek perkantoran Batu Enam, Bagansiapiapi akan menelan dana sebesar Rp50 miliar. RSUD ini sendiri dibangun seiring daya tampung RSUD DR Pratomo yang setiap harinya dibanjiri pasien.

Apalagi, belakangan ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengeluarkan kartu identitas berobat gratis yang tentunya membuat RSUD DR Pratomo disesaki pasien. Maka, pembangunan RSUD yang baru di Batu Enam sebagai langkah tepat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Bupati Rohil H Annas Maamun membenarkan hal tersebut, Minggu (5/5). "Pembangunan RSUD yang baru untuk mengantisipasi membludaknya pasien di RSUD DR Pratomo. Apalagi sejak kita keluarkannya kartu jaminan lesehatan gratis, jelas membuat animo warga yang berobat semakin tinggi," sebut Annas Maamun.

Dikatakannya, pembangunan RSUD yang baru di Batu Enam mulai dikerjakan dan akan difungsikan Desember mendatang. "Namun, RSUD DR Pratomo tetap kita gunakan, justru semakin kita lengkapi lagi fasilitasnya nantinya. Nah, untuk RSUD yang baru juga
sudah dianggarkan, pertama kita anggarkan Rp20 miliar, namun kita tambah lagi sebesar Rp30 miliar agar lebih bagus lagi nantinya," jelasnya.

RSUD yang baru itu sebut Annas Maamun bakal dilengkapi kantin, perpustakaan, ruang pasien dan ruang keluarga. "Lahannya cukup luas, 10 hektar sudah kita siapkan. Nantinya memiliki taman yang mengarah ke tepian sungai Rokan. Untuk memberikan kenyamanan, kita lengkapi fasilitas 10 ruang VIP, mushalla dan ruang santai," beber Annas.

Sedangkan, tenaga medisnya akan digaji lebih besar dengan catatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Selain di Batu Enam, kita juga akan membangun RSUD lagi di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah.  Karena,  perkembangan warga di daerah itu semakin meningkat, dan jelas membutuhkan pelayanan kesehatan," tambahnya. (najib)