Politik

PDIP Menang di 77 Negara

JAKARTA - Tak hanya menang versi perhitungan cepat di Tanah Air, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga menguasai suara di luar negeri dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014. Hasil rekap penghitungan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dari 96 negara, PDIP unggul telak di 77 negara disusul Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Secara umum PDIP memimpin 77 negara, antara lain Australia, Singapura, Amerika Serikat dan Arab Saudi. PKS di 10 negara, Yordania, Turki, Kuwait, Jepang, Qatar. NasDem menang di Kuala Lumpur. Golkar menang di Taiwan. Demokrat di Lebanon, PPP di Yaman," kata Ketua Pokja PPLN, Wahid Supriyadi, Rabu (16/4).

Dia menyebutkan, rekapitulasi itu masih bersifat sementara yaitu berasal dari pemungutan suara via tempat pemungutan suara (TPS). Sementara hasil penghitungan melalui dropbox dan pos belum selesai dilakukan. "Ini data yang kemarin dari 130 PPLN. Belum semuanya karena drop box dan pos belum masuk semua," ujar Wahid seperti dilansir detikcom.

"Ada 130 PPLN dari 96 negara. Jumlah suara sah 178.291, terbesar datang dari Johor Bahru yaitu 39.393 suara dan Singapura 22.233," jelas Wahid lagi.

Wahid menuturkan, hasil pemungutan suara melalui drop box dan pos baru berhasil direkap dari 21 PPLN, sementara jumlah seluruhnya ada 130 PPLN.

"Tingkat partisipasi belum bisa kami kalkulasikan, tetapi secara umum terjadi peningkatan jumlah pemilih. Pada Pemilu 2009 partisipasi pemilih sebanyak 22,30 persen dari jumlah DPT-nya," ujarnya.(cr01/dc)