Politik

Pilpres: Kunci Kemenangan Prabowo Adalah SBY

Jakarta-Partai Gerindra sangat tergantung dengan Partai Demokrat. Karena kunci pemenangan Gerindra sangat tergantung bagaimana Prabowo Subianto melobi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Burhanudin Muhtadi mengatakan, keberhasilan pendekatan Gerindra ke Demokrat akan membawa efek berlipat. Meski SBY tidak bisa lagi mencalonkan diri, kata dia, namun sosoknya sudah dikenal luas di masyarakat.
 
"Karena figur sentral SBY membuat posisi Demokrat menentukan. Prabowo ini belum aman, kalau Demokrat berhasil diajak Prabowo tentu ini akan menguatkan posisinya dalam menghadapi Jokowi," katanya, Selasa (15/4).
 
Menurut Burhanudin, Gerindra sedang bergerak cepat untuk menggandeng mitra koalisi. Dengan perolehan sekitar 12 persen, tentu bergabungnya Demokrat akan membuat aman pencalonan Prabowo. 
 
Dengan 22 persen suara gabungan kedua parpol itu, kata dia, diprediksi parpol yang tergabung dalam koalisi setgab dapat ikut bergabung.
 
"Ini Gerindra adu cepat melakukan operasi senyap. Ada nuansa mencari kawan koalisi dengan mitra dari parpol tengah," ujar Burhanudin. (rep05)