Riau Raya

Limbah PT IIS Diduga Bunuh Ratusan Ikan Sungai Pokanan

Ilustrasi

TELUK KUANTAN - Ratusan ikan di Sungai Pokanan Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir mati mendadak, Jumat (11/4/2014) lalu. Peristiwa ini diduga karena limbah dari pipa pembuangan PT Inti Indo Sawit (IIS) yang bocor.
 
Pjs Kades Tanjung Pauh, Saca yang dihubungi, Senin (14/4/2014) membenarkan kerusakan pipa limbah PT IIS. Namun, Pjs kades belum berani memastikan kematian ratusan ikan akibat limbah. "Bocornya pipa limbah tidak berlangsung lama, usai kejadian, pihak perusahaan langsung melakukan perbaikan," sebutnya.

Untuk membahas masalah limbah perusahaan paska uji coba beroperasi, lanjutnya, pemerintah desa akan melakukan rapat bersama warga. "Tindakan apa yang akan kita lakukan ke perusahaan, harus disepakati dulu," jelasnya seraya mengaku akan melaporkan peristiwa ini ke Pemkab Kuansing melalui pemerintahan Kecamatan Singingi Hilir.

Camat Singingi Hilir, Zulkaneri SSos MSi yang dikonfirmasi juga mengakui kejadian ini. " Kami sedang menunggu laporan resmi dari pemerintah desa setempat,  dalam waktu dekat saya juga  turun ke lapangan untuk menindaklanjutinya," ujar Zulkaneri.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kuansing, Indra Suandy ST mengaku belum menerima laporan terjadi pencemaran tersebut. "Setahu saya PT IIS belum berperasi full walaupun sudah mendapat izin operasional. Namun demikian pihaknya akan menindaklanjuti dugaan terjadinya kebocoran limbah PT IIS," pungkasnya. (cr01/hrc)