Fokus Rohil

Horee, Semua Puskesmas di Rohil akan Berstandar ISO

BAGANSIAPIAPI-Program Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir tahun 2013, seluruh puskesmas di setiap daerah akan dinaikan statusnya menjadi International Organization for Standardization (ISO) 9002. Program ini mengacu pada standar  prosedur operasional (SPO) sesuai sistem Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS).

Hal itu disampaikan Kepala Diskes Rohil, dr Muhammad Junaedi Saleh M Kes, belum lama ini. "Wacana ini sesuai anjuran BPJS dalam menjalankan program di bidang kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Rokan Hilir. Untuk itu, agar seluruh puskesmas di Rohil berstandar ISO 9002, kita akan memperbaiki sistem manajemen pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, pelayanan kesehatan harus mengedepankan kepentingan masyarakat," sebut Junaidi.

Lanjut Junaidi, dengan memiliki ISO, secara otomatis layanan kesehatan puskesmas akan semakin lebih baik. "Karena, jumlah pasien yang ada lebih banyak dibanding puskesmas, makanya harus meningkatkan pelayanan yang baik. Untuk itu, kita akan terus lakukan pembenahan dalan menjamin layanan kesehatan yang lebih baik," jelasnya.

Sementara itu, tujuan ISO sendiri dimaksudkan bagaimana pasien mendapat pelayanan baik dari petugas puskesmas. 'Bukan hanya bentuk kualitas layanan, tetapi juga didasarkan kelengkapan peralatan kesehatan serta manajemen pengelolaan yang baik untuk menekan angka penderita kesehatan," paparnya. (rep02)