Riau Raya

Soal CPNS, Gubernur Riau Gugat Menteri PAN

Pekanbaru-Gubernur Riau Annas Maamun ingin gugat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Gubernur sudah menunjuk Eva Nora sebagai pengacara.
 
Gugatan terkait kebijakan penerimaan CPNS umum dan Kategori Dua (K2) oleh Menpan-RB yang dianggap tak berpihak ke daerah. 
 
"Saya ingin menggugat Menpan-RB. Tulis itu tak apa. Ini saya panggi Eva Nora ke sini (kediaman gubernur)," kata Annas, Jumat (11/4). 
 
Menurut gubernur, materi gugatan tersebut diantaranya terkait kewenangan gubernur yang sudah dibatasi pusat dalam penerimaan CPNS dan K2. Pasalnya, belajar dari seleksi hasil CPNS umum baru-baru ini, putra lebih sedikit dari pendatang.
 
Gugatan itu juga terkait dengan perencanaan CPNS pada tahun ini. Diharapkan, persoalan CPNS nantinya ditangani pemerintah daerah. 
 
Eva Nora saat dikonfirmasi terkait rencana gugtan tersebut membenarkan salah satu meteri gugatan yang akan dilayangkan ke Menpan-RB adalah terkait kewenangan gubernur dalam memutuskan penerimaan CPNS. 
 
Dijadwalkan, Senin mendatang materi yang akan digugat baru akan disampaikan secara terbuka. Setelah itu, baru gugatan akan dilayangkan ke Menpan-RB.
 
"Kita masih pelajari, Senin nanti kita umumkan. Ya salah satunya soal kewenangan itu," papar Eva. (rep05/rtc)