Politik

Pekan Depan, PDIP Umumkan Calon Wakil Presiden

Jakarta-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melangkah cepat paska pemilu legislatif. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tak lama lagi akan mengumumkan calon wakil presiden pendamping Joko Widodo.
 
“Akan diumumkan dalam waktu dekat. Mungkin minggu depan sudah diputuskan,” kata politisi senior PDIP, Sidarto Danusubroto, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 11 April 2014.
 
Sidarto mengatakan, PDIP telah mengantongi beberapa nama yang dianggap cocok menjadi cawapres Jokowi. PDIP pun saat ini tengah berkomunikasi intensif dengan sejumlah tokoh partai.
 
“Nanti kami akan lakukan rapat pimpinan khusus. Ada beberapa tokoh yang dalam penerawangan kami,” ujar Sidarto. Soal cawapres ini, dalam waktu dekat Jokowi akan berkonsultasi dengan Megawati. 
 
Soal pencapresan Jokowi tidak berhasil mengangkat suara PDIP di pemilu legislatif, Sidarto tak sependapat. “Saya melihat ada efeknya. Hanya memang promosi dia kurang setelah dideklarasikan capres,” kata dia.
 
Ketua MPR itu juga membantah PDIP mengevaluasi pencapresan Jokowi. “Itu sudah final. Sudah ada mandat dari Ketua Umum. Tidak ada evaluasi,” ujar Sidarto. (rep05)