Riau Raya

Ini Dia Kronologis Kebakaran Kantor Bupati Inhil

 
Tembilahan-Gedung Kantor Bupati Inhil di Jalan Akasia Nomor 1, Kelurahan Tembilahan, Kecamatan Tembilahan, Jum'at (11/4/14) sekitar pukul 02.00 Wib ludes terbakar. 
 
Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, peristiwa ini pertama kali diketahui oleh saksi Dodi Pradika, anggota Satpol PP Pemkab Inhil yang berjaga di Pos I pintu masuk gedung Kantor Bupati Inhil tersebut. 
 
Saat itu saksi Dodi Pradika mendengar suara kaca pecah di kantor bupati tersebut, kemudian saksi mendatangi dan melihat asal suara kaca pecah tersebut. 
 
"Sewaktu anggota piket masuk kedalam kantor tersebut dan api sudah menyala di ruangan Bagian Umum," ungkap Kapolres Inhil, AKBP Suwoyo, S.IK, M.Si. 
 
Melihat kebakaran ini, anggota Satpol PP yang berjaga saat itu langsung melaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran yang letaknya hanya sekitar 50 meter dari Kantor Bupati Inhil. 
 
Pantauan di lapangan, tampak usaha pemadaman yang dilakukan petugas Damkar Pemkab Inhil tidak mampu menyelamatkan gedung ini, dalam waktu hanya sekitar satu jam gedung ini sudah ludes. Mulai dari ruangan Bagian Umum sampai ruangan Bupati dan Wabup Inhil serta ruangan Sekda habis terbakar. 
 
Saat kejadian, Bupati Inhil, HM Wardan dan didampingi beberapa pejabat lainnya turun melihat peristiwa kebakaran ini, termasuk Kapolres Inhil, AKBP Suwoyo, S.IK, M.Si dan puluhan personil Polres Inhil yang mengamankan TKP dan menjaga agar warga tidak mendekat ke lokasi kebakaran. 
 
"Penyebab api masih dalam penyelidikan unit Identifikasi dan Labfor Medan yang kebetulan sedang di Tembilahan (tim Labfor ini sedang olah TKP kasus kebakaran di PT Kokonako)," ujar Kapolres. 
 
Ditegaskannya, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Petugas sudah mengambil keterangan dari saksi-saksi yang melihat awal kejadian. 
 
Adapun saksi yang diambil keterangannya, yakni Dodi Pradika, Safriansah (petugas Satpol yang jaga di Pos Satu), Husaini Tahar, Riko (petugas Satpol yang jaga di Pos Jaga pintu keluar) dan Hendri Saputra, Hendra Asra (petugas Satpol yang jaga di pintu belakang. 
 
Untuk diketahui, berdasarkan informasi yang diperoleh riauterkinicom, pada hari ini ada pemeriksaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sehingga ada yang menghubungkan peristiwa kebakaran ini dengan akan adanya pemeriksaan BPKP ini. (rep05/rtc)