Suara Demokrat Turun

Peluang Ibas ke Senayan Masih Besar

Pacitan - Keluarga Ketua Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan memprediksi partai biru itu bakal turun tingkat. "Untuk pemilu kali ini akan berada di urutan ketiga tingkat nasional," kata Soedjono, kakak sepupu SBY, Rabu, 9 April 2014. (Baca: SBY Minta Caleg Lapang Dada Bila Kalah)
 
Prediksi itu, menurut dia, didasari oleh adanya sejumlah kader Partai Demokrat yang tersandung kasus korupsi. Di antaranya bekas Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan bekas Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.
 
Kendati begitu, Soedjono optimistis perkara korupsi itu tidak akan mengganjal langkah Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas untuk duduk di kursi anggota DPR. Ibas bertarung di daerah pemilihan Jawa Timur 7 yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. "Untuk suara Ibas di dapil Jatim 7 saya yakin utuh seperti Pemilu 2009," kata penasihat Partai Demokrat Pacitan itu.
 
Pada pemilu lima tahun yang lalu, Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan perolehan 327.097 suara. Kala itu, kata Soedjono, perolehan suara tersebut menempati posisi tertinggi secara nasional. "Sedikit faktornya karena figur ayahnya. Tapi yang paling menentukan tetap dari kiprahnya sendiri."
 
Menurut dia, kiprah Ibas di dapil mampu menarik perhatian warga setempat. Bahkan, kampanye terbukanya di Pacitan beberapa hari yang lalu dihadiri puluhan ribu simpatisan Demokrat. Mereka yang datang tidak hanya dari Pacitan, tetapi juga Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan. 
 
Ketua Partai Demokrat Pacitan Indartato yakin, jalan Ibas, yang juga Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, menuju Senayan akan mulus. "Untuk angka kemenangan partai dan Mas Ibas nanti saja menunggu penghitungan resmi." (rep05)