Politik

SBY Lega Pemilu 2014 Berlangsung Aman

Jakarta-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lega mendapatkan laporan dari Kepala Polri, Jenderal Sutarman mengenai proses pemungutan suara di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, proses pemilu berjalan lancar dan aman. 
 
"Di seluruh tanah air, pemungutan suara berlangsung aman, tertib, dan lancar. Tentu ini sesuatu yang patut kita syukuri," katanya usai memberikan suaranya bersama keluarga di TPS 006, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4). 
 
Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat Indonesia yang ikut memekarkan demokrasi. Ucapan yang sama juga diberikannya kepada penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan aparat keamanan yang bersama-sama mensukseskan pemungutan suara kali ini. 
 
"Pemilu 2014 ini dapat kita selenggarakan secara damai dan demokratis sebagaimana telah dibuktikan pada 2004 dan 2009, maka setapak lagi Indonesia bisa menjadi negara demokrasi yang matang. 
 
"Berarti transisi dan konsolidasi demokrasi berhasil," katanya.  
 
Ia mengatakan Indonesia patut bersyukur karena untuk menyelanggarakan pemilu yang aman bukan perkara mudah. Banyak negara yang kesulitan untuk melakukan hal itu apalagi negara yang belum mapan benar demokrasinya.  
 
"Apabila bangsa yang masih dalam tahap transisi demokrasi lalu pemilu dapat dilaksanakan dengan peacefull dan demokratic, maka dikatakan memiliki mapan dan matang," katanya. (rep05)