Sport

Kalah dari Dortmund, Madrid Tetap ke Semifinal

Madrid-Real Madrid menyerah 0-2 kepada Borussia Dortmund pada leg kedua perempat final Liga Champions, di Signal Iduna Park, Selasa (8/4/2014). Meski begitu, mereka tetap berhak melaju ke semifinal karena menang 3-0 pada leg pertama.
 
Gol pertama Dortmund diciptakan Marco Reus pada menit ke-24. Setelah memotong umpan balik Pepe, Reus mengecoh Iker Casillas dan kemudian menembakkan bola ke tengah gawang dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.
 
Reus kembali masuk daftar pencetak gol pada menit ke-37. Ia menaklukkan Iker Casillas dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola hasil tendangan Robert Lewandowski, yang membentur tiang kiri gawang Madrid.
 
Madrid sendiri punya peluang untuk unggul lebih dulu karena mendapatkan penalti pada menit ke-17 setelah Lukasz Piszczek melakukan handsball. Angel Di Maria yang dipercaya melakukan eksekusi menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang, tetapi Roman Weidenfeller mampu menepis tembakan itu.
 
Penyelamatan Weidenfeller mengubah jalannya pertandingan. Dortmund tampak bermain lebih bersemangat dan agresif. Mereka bekerja keras mematahkan serangan-serangan Madrid dan setelahnya mengalirkan serangan dengan cepat, yang tak jarang membuahkan tembakan-tembakan terukur.
 
Tekanan Dortmund tak hanya menyulitkan Madrid mengembangkan permainan, tetapi juga merusak koordinasi permainan di semua lini, terutama lini belakang. Dortmund pun berhasil membuat Madrid melakukan kesalahan, yang berujung gol-gol dari Reus.
 
Madrid mengambil inisiatif menyerang pada babak kedua dan menciptakan peluang beruntun, melalui Gareth Bale dan Angel Di Maria pada menit ke-49. Sementara tembakan Bale diantisipasi Weidenfeller, tembakan Di Maria meleset. 
 
Dortmund kemudian mencoba keluar dari tekanan. Setelah beberapa kali terlibat perebutan bola dan bertukar serangan, Dortmund bisa menguasai keadaan selepas menit ke-65. 
 
Melalui Henrikh Mkhitaryan dan Kevin Grosskreutz, Dortmund menciptakan sejumlah peluang. Namun, Iker Casillas bisa mengantisipasi ancaman-ancaman itu.
 
Memasuki menit ke-80, Madrid merebut kendali permainan, tetapi masih kesulitan menciptakan peluang. Hingga peluit berbunyi panjang, Madrid menciptakan dua peluang melalui Benzema dan Bale. Sementara tembakan Benzema meleset, tembakan Bale diantisipasi Weidenfeller.
 
Menurut catatan UEFA, sepanjang laga itu Madrid melepaskan lima tembakan akurat dari sepuluh usaha, dengan penguasaan bola 49 persen. Sementara Dortmund melepaskan enam tembakan akurat dari 12 usaha. (rep05)
 
Borussia Dortmund: 1-Roman Weidenfeller; 2-Manuel Friedrich, 15-Mats Hummels, 26-Lukasz Piszczek (17-Pierre-Emerick Aubameyang 81), 37-Erik Durm; 10-Henrik Mkhitaryan, 11-Marco Reus, 14-Milos Jojic, 19-Kevin Grosskreutz, 21-Oliver Kirch; 9-Robert Lewandowski
 
Pelatih: Juergen Klopp
 
Real Madrid: 1-Iker Casillas; 3-Pepe, 4-Sergio Ramos, 5-Fabio Coentrao, 15-Daniel Carvajal; 14-Xabi Alonso, 19-Luka Modric, 24-Asier Illarramendi (23-Isco 46); 9-Karim Benzema (2-Raphael Varane 90+1), 11-Gareth Bale, 22-Angel Di Maria (16-Casemiro 73)
 
Pelatih: Carlo Ancelotti
 
Wasit: Damir Skomina