Politik

Ini Dia Pesan Jokowi jelang Pemilu Digelar

Jakarta-Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, menuliskan pesan kepada masyarakat Indonesia melalui selebaran, satu hari menjelang pemilu legislatif, Selasa (8/4/2014). 
 
Berikut ini isi selebaran yang dituliskan dengan tulisan tangan itu:
 
Pemilu harus adil dan jujur, oleh sebab itu : 
1. Pastikan KPU netral dan independen; 
2. Pastikan teknologi IT Pemilu tidak dimanipulasi; 
3. Pastikan badan intelejen manapun, aparat keamanan dan pertahanan nasionalis, netral dan tidak memihak; 
4. Pastikan tidak ada money politic dalam pemilu Jakarta, 8 April 2014, 
 
Kepada Kompas.com di sela-sela blusukan pada Selasa siang, Jokowi membenarkan bahwa selebaran tersebut atas inisiatif dirinya. "Iya, itu tulisan saya, bagus kan," ujarnya. 
 
Selebaran itu, lanjut Jokowi, bukan dibuat secara sembarangan, melainkan berdasarkan temuan-temuan indikasi kecurangan. Soal IT KPU, hal itu menurut Jokowi tidak ada pemutakhiran signifikan dalam meningkatkan keamanan data di dalamnya. 
 
Selain itu, pihaknya menemukan bahwa beberapa daerah, misalnya di Aceh, Poso, NTB, Maluku, dan Papua, terdapat pelibatan oknum aktor keamanan dalam proses pemungutan suara Pemilu 2014. 
 
Atas temuan tersebut, Jokowi berharap adanya kerja sama semua pihak, mulai dari masyarakat hingga penyelenggara pemilu, untuk memastikan bahwa hal-hal tersebut tidak terjadi, dan pemilu dapat berlangsung demokratis, jujur, dan adil. (rep05)