Fokus Rohil

Bupati Rohil Panen Ikan Patin Mina Tangko

Bagansiapi-api-Bupati Rohil Suyatno panen ikan patin di Mina Tangko, Kecamatan Bangko. Dia berkesempatan mancing dan berhasil mendapatkan ikan besar. Kelompok budi daya ikan air tawar yang menggelar acara, yakin usaha mereka mampu meningkatkan perekonomian keluarga. 
 
Panen dilakukan di kolam Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar (KBIAT), Senin (7/4/14), dia berkeyakinan, jika masyarakat akan mampu melakukan budidaya ikan air tawar. 
 
"Saya yakin kalau masyarakat mau memanfaatkan lingkungan, seperti budi daya ikan ini pasti berhasil asalkan rajin," kata Suyatno. 
 
Suasana terasa cukup meriah karena setelah meninjau sejumlah kolam ikan, bupati menyempatkan diri untuk memancing ikan patin. Seekor ikan besar berhasil didapat.
 
Sementara itu, Ketua KBIAT Mina Tangko, Suprayetno kepada awak media mengungkapkan, kelompok yang didirikan bersama dengan 10 pengurus tersebut telah berjalan dalam dua tahun terakhir. Kegiatan panen yang dipimpin oleh bupati H Suyatno merupakan bagian dari kegiatan panen raya pihaknya, dimana pada tahun lalu telah dilakukan dua kali panen raya juga. 
 
"Minimal untuk panenan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Pada 2013 lalu, mampu di panen sekitar 12 ton ikan patin dan Alhamdulillah kegiatan ini tentu saja dapat menambah perekonomian anggota dan menjadi pendapatan bagi rumah tangga yang ada," katanya. 
 
Dia mengaku awalnya tergerak untuk menekuni budidaya ikan air tawar tersebut karena melihat adanya lahan tidur yang belum dimanfaatkan dengan baik. 
 
Lantas bersama-sama dengan sejumlah orang mereka sepakat untuk menggarap lahan tersebut dan membuatkan kolam untuk ikan, belakangan bantuan dari dinas terkait pun datang dalam bentuk bantuan bibit ikan patin. (rep05/rtc)