Riau Raya

Distribusi Soal UN ke Daerah Pulau Diutamakan

Pekanbaru-Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat ke daerah pulau seperti Kabupaten Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, Bengkalis, dan Rokan Hilir.
          
"Sejumlah daerah ini cukup jauh sehingga memerlukan waktu lama dalam pendistribusiannya. Makanya menjadi prioritas," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Riau Abdul Kadir kepada pers di Pekanbaru, Senin.
          
Tujuannya, kata Abdul, agar tidak ada kendala dalam pendistribusian ke sekolah-sekolah khususnya untuk yang berada di pulau-pulau terdepan.
          
Ia mengatakan pendistribusian soal dan kelengkapan ujian lainnya itu dilakukan dengan pengawalan aparat kepolisian.
          
"Sesampainya di daerah, hingga pendistribusian ke sekolah-sekolah, juga akan tetap mendapat pengawalan. Ini karena kami tidak ingin ada kebocoran soal," katanya.
          
Data Disdik Riau menyebutkan jumlah peserta UN untuk tingkat SMA/sederajat tahun ini ada sebanyak 72.316 pelajar terdiri dari siswa dan siswi.
          
Untuk SMA/MA dikaabrkan berjumlah 50.899 peserta dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 21.417 peserta.
          
Menurut jadwal, UN akan dilaksanakan pada 14 hingga 16 April 2014, dan untuk ujian susulan dilaksanakan pada 22 April hingga dua hari kedepan.
          
"Untuk mata ujian yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia," katanya. (rep05/ant)