Sosialita

Ini Dia Cara Jitu Biar tak Bosan di Tempat Kerja

Jakarta-Anda terinspirasi bergabung atau membuat sebuah komunitas? Sebuah komunitas akan memberikan semua yang Anda butuhkan dan menyediakan fasilitas bagi tiap anggotanya.
 
Saat Anda merasa lelah bekerja dalam lingkup yang membosankan, maka bergabung dalam suatu komunitas akan membantu membuka pikiran baru. Anda dapat membentuk suatu komunitas dan mengajak rekan-rekan untuk berpartisipasi di dalamnya.
 
Berikut beberapa hal yang utama dalam membentuk suatu komunitas, dilansir Cosmopolitan.
 
 
Pilih anggota dengan bijak
 Pilih orang yang berkomitmen untuk mendukung kesuksesan semua anggota, seperti anggota yang berada dalam tahap yang sama dalam karier mereka.
 
 
Sampaikan visi bersama 
 Sebelum membuat komunitas, Anda perlu memastikan tujuannya. Apakah Anda ingin belajar bagaimana untuk mengatasi situasi sulit di tempat kerja? Mengembangkan potensi karier anda? Tuliskanlah.
 
 
Menjaga rahasia
Apa yang terjadi dalam komunitas tetaplah dalam komunitas itu sendiri. Anggota dapat berbicara dengan bebas dan tahu bahwa tidak ada seorang pun yang akan membocorkan rahasia mereka.
 
 
Lakukan pertemuan
Menentukan perjanjian komitmen (seperti anggota tidak boleh melewati rapat lebih dari dua kali), dan meminta seluruh anggota untuk menaatinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari komunitas ini, setiap anggota harus menghadiri pertemuan rapat.
 
 
Berbagi pengalaman, bukan saran
Komunitas bukan tempat untuk menasihati anggota lain tentang bagaimana menangani atasannya yang rumit. Sebaliknya, biarkan dia menceritakan situasinya, kemudian anggota lain dapat berbagi pengalaman yang sama jika mereka pernah mengalaminya. Anda akan saling belajar satu sama lain, bukan menjadi mentor. (rep05)