Sport

Atletico Vs Barcelona Berakhir Seri

Barcelona-Atletico Madrid berhasil menahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 pada laga leg pertama babak perempat final Liga Champions dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Rabu (2/4) dini hari WIB. Barcelona sendiri berhasil tampil dominan di laga tersebut. Namun mereka justru kebobolan terlebih dahulu oleh gol tendangan jarak jauh Diego.
 
Blaugrana akhirnya bisa membalas melalui tendangan melengkung Neymar. Walau berstatus sebagai tim tamu, namun Atleti justru mengambil inisiatif untuk tampil menekan. Mereka langsung melakukan pressing ketat pada Barca pada semua lini. Peluang pertama pun akhirnya didapat oleh David Villa pada menit ke-5. Ia sempat mendapatkan kesempatan untuk melakukan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun, sepakannya melebar.
 
Barca masih mencoba bermain dengan gaya mereka biasanya. Namun, pressing tak kenal lelah dari para pemain Atleti membuat mereka sedikit kerepotan. Barca mendapat kesempatan emas melalui Iniesta pada menit ke-26. Setelah bekerjasama dengan Messi, ia menendang si kulit bundar dengan keras. Namun, bola masih bisa diblok oleh Diego Godin. Jika saja tak ada defender asal Uruguay tersebut, skor bisa saja berubah bagi keunggulan Blaugrana.
 
Barca pun meningkatkan tempo permainan mereka, terutama setelah Diego Costa harus ditarik keluar akibat cedera pada menit ke-30. Skuat asuhan Gerardo Martino itu pun akhirnya mendapat satu lagi kesempatan membobol gawang Atleti. Kali ini melalui Messi pada menit ke-41. Namun, sundulannya dari dalam kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Alves masih bisa diblok oleh Courtois.
 
Empat menit berselang, giliran Neymar yang mengancam gawang Courtois. Ia melakukan tembakan dari jarak sekitar 25 yards, namun sedikit melambung di atas mistar gawang sang tamu. Atleti langsung membalas melalui Diego dan Villa di waktu tambahan. Namun, aksi kedua pemain tersebut tetap tak bisa mengubah keadaan.
 
Babak pertama pun berakhir dengan skor tetap 0-0. Di babak kedua, Barca langsung mencoba untuk langsung menggebrak lini pertahanan Atleti dengan dipimpin oleh Iniesta.
 
Akan tetapi, justru sang tamu yang bisa mencetak gol lebih dahulu. Adalah sang pemain pengganti, yakni Diego, yang sukses membobol gawang Pinto dengan tendangan spektakuler dari jarak sekitar 30 yards. Menerima operan tendangan bebas dari Gabi, pemain asal Brasil itu menendang bola dari sisi kiri pertahanan Blaugrana. Si kulit bundar pun meluncur deras ke sisi kiri atas gawang tuan rumah. 0-1 Atleti memimpin.
 
Barca tersentak dan mencoba membalas. Mereka pun mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-63 melalui tendangan keras Busquets. Namun, bola yang mengarah ke pojok kanan atas tersebut masih bisa ditepis oleh Courtois. Dua menit kemudian, giliran Messi yang mengancam gawang sang tamu. Tapi, sundulannya tak menemui sasaran.
 
Pada menit ke-71, seisi stadion Camp Nou akhirnya bersorak kegirangan setelah Neymar mampu membobol gawang Courtois. Umpan terobosan apik dari Iniesta di sisi kanan pertahanan Los Rojiblancos langsung dieksekusinya dengan tendangan melengkung ke arah tiang jauh. Kedudukan pun berubah imbang 1-1.
 
Dua menit kemudian, Barca kembali mengancam pertahanan sang tamu. Andres Iniesta melepaskan tendangan dari jarak 25 yards yang mengarah ke sudut kanan atas gawang Courtois. Namun, kiper muda tersebut masih bisa menghalau si kulit bundar dengan gemilang.
 
Pada menit ke-85, Courtois kembali dipaksa melakukan penyelamatan oleh Barca. Kali ini ia harus berjibaku menahan tendangan bebas Lionel Messi. Bola yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil ditepisnya keluar.
 
Barca berusaha keras untuk terus mencetak satu gol lagi. Namun, usaha mereka tak menemui kesuksesan. Alhasil, hingga laga berakhir, skor tetap bertahan 1-1. Dengan hasil ini, Atletico mendapatkan keuntungan karena berhasil mencetak gol away. Mereka bisa melaju ke babak semifinal jika di laga leg kedua nanti bisa menahan Barcelona dengan skor 0-0 saja. Sebaliknya, Blaugrana harus menang minimal 1-0 di laga tersebut. (rep05/bln)
 
Susunan Pemain:
Barcelona: Pinto; Alves, Pique (Bartra), Mascherano, Alba; Xavi, Busquets, Fabregas (Sanchez); Neymar, Messi, Iniesta.
 
Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Godin, Miranda, Filipe Luis; Gabi, Tiago, Koke, Arda Turan (Rodriguez); Villa (Sosa), Diego Costa (Diego).