Politik

Menkeu Jerman Sebut Putin Mirip Hitler

Berlin-Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu pemimpin kuat saat ini. Dia dinilai berani melawan Barat dan sekutunya, bahkan rela dikeluarkan dari negara anggota G8 yang sekarang berubah menjadi G7.
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Jerman, Wolfgang Schaeuble, mengatakan aksi Rusia terhadap Ukrania mengingatkan dirinya terhadap agresi Adolf Hitler pada 1983 yang mencaplok wilayah etnis Jerman di Cekoslowakia.
 
Namun, Kanselir Jerman Angela Merkel dengan segera menampik komentar tersebut. Juru bicara Schaeuble pun tiba-tiba membantah jika Schaeuble telah menyamakan Putin dengan Hitler.
 
"Kita tahu semua itu dari sejarah," tutur Schaeuble, saat membandingkan Putin dengan Hitler di hadapan 50 pelajar, mengacu pada perdebatan bahwa Putin telah merebut Crimea. Demikian seperti dilansir dari Reuters, Selasa (1/4/2014).
 
Putin mengirimkan pasukan ke Crimea untuk menyelamatkan dan melindungi etnis Rusia di Ukrania. Meksipun para pemimpin Jerman jarang membuat perbandingan dengan era Nazi. Schaeuble mengingatkan cara Putin ini serupa dengan Hitler.
 
"Saya menganggap kasus pencaplokan Crimea sebagai kasus serius," tutur Merkel, yang berbicara saat konferensi pers di mana dia percaya aneksasi bisa dibandingkan dengan Sudetenland.
 
"Menteri Schaeuble menegaskan dalam pertemuan dengan 50 pelajar ini, bahwa tindakan Rusia di Ukrania melanggar Hukum Internasional dan dia memperingatkan konsekuensi yang diterima Rusia. Tindakan yang dilakukan Hitler pertama menganeksasi bagian Cekoslowakia, di mana sekira tiga juta politikus Jerman hidup, dan setahun kemudian menyerbu seluruh negeri," ujar Juru Bicara Schaeuble. (rep05)