Sosialita

Awas, Kecanduan Ponsel Beresiko Pada Kebutaan

Jakarta-Dikutip dari Physic Org, dokter mata mengatakan bahwa orang yang kecanduan ponsel pintar terancam risiko kerusakan mata. Mereka memperingatkan penggunaan ponsel berlebihan dan perangkat lain seperti komputer, tablet dan TV layar datar dapat menyebabkan kerusakan permanen.
 
Temuan ini berdasarkan pada hasil penelitian berdasarkan survei terhadap 2.000 orang menyatakan bahwa orang berusia di bawah 25 tahun mengecek ponsel mereka 32 kali dalam satu hari. Dokter mata Andy Hepworth mengatakan bahwa kersuakan itu diakibatkan oleh pancaran cahaya biru violet yang sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata Anda. Sehingga dalam waktuj tertentu dapat berakhir pada kerusakan mata Anda.
 
“Ketika Anda melihat ke ponsel, cahaya yang terpancar adalah biru violet.” Ujar Hepworth seperti yang dikutip National Geographic.
 
Ia mengatakan  dalam hasil uji coba yang dilakukan, ia menemukan bahwa paparan berlebih terhadap cahaya biru violet berpotensi mengakibatkan gangguan degenerasi ofmacular yang menyebabkan kebutaan.
 
“Meski kita tidak tahu apakah ada kaitan langsung dengan gangguan mata, tapi bukti lab sangat kuat menyatakan hal ini bisa terjadi,” tambahnya.
 
“Penyebabnya adalah kombinasi akibat kurangnya berkedip dan  jangkauan daya lihat pada perangkat tersebut sehingga membuat mata bekerja lebih keras.” (rep05/rmn)