Fokus Rohil

Diskanlut Rohil Agendakan Panen Raya Ikan

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merencanakan panen raya ikan yang dibudidayakan melalui kolam dan sejenisnya. Hal ini untuk memberikan motivasi petani agar lebih giat membudidayakan ikan air tawar sebagai kebutuhan konsumsi masyarakat. 
 
"Melalui panen raya, kita harap program budidaya ikan kolam bisa tumbuh dan berkembang. Karena, dampak dari panen raya diyakini memberi ruang motivasi bagi petani. Apalagi hasilnya bisa langsung dinikmati masyarakat," ujar Kepala Diskanlut Rohil, H Ali Asfar S Sos M Si, akhir pekan lalu. 
 
Dengan melaksanakan panen raya ikan, hasil yang diperoleh dari kolam dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Sehingga, masalah kemiskinan di Kabupaten Rohil dapat berkurang. "Jadi sangat banyak manfaat membudidayakan ikan kolam terhadap petani," kata Ali.
 
Namun demikian, Diskanlut masih mencari jadwal, serta lokasi yang tepat melaksanakan rencana ini. "Kita punya rencana, panen raya ikan dilakukan oleh Bupati Rohil. Untuk itu, kita sedang mencari waktu dan lokasinya yang tepat. Kalau sudah ketemu, segera dilaksanakan," sebut Ali. (rep05)