Politik

Hari Ini WNI di Luar Negeri Nyoblos

Jakarta-Pelaksanaan pemungutan suara untuk Pemilu Legislatif 2014 mulai dilakukan bagi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri pada hari ini, Minggu, 30 Maret 2014. Sementara pemungutan suara secara nasional tetap akan dilakukan pada 9 April 2014.
 
"Khusus untuk luar negeri pemungutan suara dilakukan dari 30 Maret - 6 April. Ini kompensasi yang telah disepakati," kata ketua KPU Pusat, Husni Kamil Manik.
Dari data KPU, pada Pemilu 2009 hanya 23 persen dari 2.003.278 warga negara Indonesia di luar negeri yang memberikan hak suaranya. Mereka tersebar di 50 negara. Terbanyak berada di Arab Saudi dan Malaysia. 
 
Pemungutan suara dilakukan lebih cepat karena hari libur di tiap negara yang berbeda-beda. Sesuai undang undang Pemilu, pemungutan suara harus dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan secara serentak. Tempat pemungutan suara di luar negeri akan dilakukan di kantor KBRI ataupun KJRI setempat.
 
"Ini masalah karena banyak negara hari liburnya beda," katanya.
Khusus untuk hari ini, pemungutan suara bagi WNI di luar negeri akan dilaksanakan di Beijing (China),  Shanghai (China), Hongkong, Kopenhagen, Brasilia (Brasil), (Denmark), Santiago, 
 
Sementara pada Senin, 31 Maret 2014, pemungutan akan dilakukan di Kabul, Quito, Kamis, 3 April 2014 dilaksanakan di Damaskus, Havana, Jumat, 4 April 2014 Abu Dhabi, Algiers, Amman, Dhaka, Doha, Dubai, Khartoum, Kuwait, Kiev, Maputo, Moskow, Muskat, Sana'a, Teheran
 
Sementara pada Sabtu, 5 April 2014 akan dilaksanakan di Antananarivo, Baghdad, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Bratislava, Brussels, Bucharest, Buenos Aires, Canberra, Caracas, Chicago, Kolombo, Lima, London, Dakar, Darwin, Davao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Jeddah, Kairo, Los Angeles, Manama, Melbourne, Mumbai, Nairobi, New York, Oslo, Ottawa, Panama City, Paramaribo, Praha, Rabat, Riyadh, San Fransisco, Sarajevo, Sofia, Songkhla, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vanimo, Vientiane, Warsawa, Washington DC, Vienna, Windhoek, Zagreb
 
Minggu, 6 April 2014 pemungutan suara akan dilakukan di negera Abuha, Addis Ababa, Ankara, Astana, Athena, Baku, Beirut, Bandar Seri Begawan, Budapest, Cape Town, Dar Es Salaam, Guangzhou, Hanoi, Harare, Ho Chi Minh, Islamabad, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Lisabon, Madrid, Manila, Marseille, Mexico City, New Delhi, Noumea, Osaka, Paris, Penang, Perth, Phnom Penh, Pport Moresby, Pretoria, Pyongyang, Roma, Seoul, Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Tunis, Vatikan, Wellington, Yangon (rep05)