Hukum

Caleg DPRD Riau Asal Rohil Diduga Terlibat Karhutla

PEKANBARU-Kepala Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Asap Riau Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto menyatakan ada indikasi keterlibatan seorang calon anggota legislatif (caleg) bernama Siswaja Mulyadi atau Aseng dalam pembalakan liar dan pembakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

''Dari laporan masyarakat yang merasa dirugikan oleh perambah, sebagian besar mengarah ke Aseng yang katanya seorang caleg. Laporan ini akan ditindaklanjuti dan peran Aseng nanti akan ketahuan juga. Kami sudah serahkan laporan ini untuk ditindaklanjuti oleh Satgas Penegakan Hukum,'' kata Prihadi di Pekanbaru, kemarin.

Ia menambahkan Aseng merupakan cukong atau pemodal yang membiayai pembalakan dan pembakaran hutan.

Menurutnya, dikutip mediaIndonesia.com, laporan dari masyarakat atas ulah yang bersangkutan sebenarnya sudah diajukan ke Polres Rokan Hilir. ''Namun tidak ditindaklanjuti sampai sekarang. Laporan itu seperti hilang.''

Dari data Komisi Pemilihan Umum Riau, Siswaja Mulyadi terdaftar sebagai caleg dari Partai Gerindra untuk DPRD Riau dari Rokan Hilir. Ketua DPD Partai Gerindra Riau Marwan Yohanis pun membenarkan hal itu.

Namun, Marwan membantah tudingan bahwa Aseng terlibat dalam pembalakan dan pembakaran hutan. ''Saya sudah cek ke mana-mana. Dia memang pengusaha perkebunan dan hotel, tetapi perkebunannya sudah lama dan sudah panen,'' ucapnya.

Kebakaran hutan hingga kini belum bisa diatasi, kendati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan ultimatum pada 15 Maret lalu agar persoalan itu diselesaikan paling lama tiga pekan. (CR01/MIC)