Fokus Rohil

Panen Raya Genjot Motivasi Petani

BAGANSIAPIAPI - Rencana panen raya pada sektor pertanian tanaman pangan yang akan dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diharapkan mampu menggenjot motivasi petani semakin giat bercocok tanam. Sebab, panen raya dapat memicu peningkatan produksi panen.

Hal itu diharapkan Kepala Distanak Rohil, Ir Muslim, Kamis (27/3/14) di Bagansiapiapi. ''Banyak pesan yang bisa disampaikan melalui panen raya itu. Salah satunya adalah dapat meningkatkan produksi panen. Dengan begitu, petani lebih termotivasi bercocok tanam apa saja," sebut Muslim.

Meski sudah merencanakan panen raya, sayangnya Distanak belum mau membeberkan di mana akan di gelar panen raya nantinya. "Kita lihat perkembangan dulu. Karena, untuk melaksanakan panen raya itu, semuanya perlu persiapan yang matang. Termasuk, daerah mana yang dijadikan tempat panen raya," kata Muslim.

Sementara, sektor pertanian pangan di sentra produksi yang ada di Kabupaten Rohil rata-rata dimiliki semua wilayah kecamatan. "Saat ini, kegiatan pertanian di daerah sentra pertanian masih biasa-biasa. Namun begitu, rata-rata kan semua kecamatan di Rohil memiliki daerah sentra tanaman pangan," bebernya. (rep1)