Kasus Sengketa Lahan Harus Dituntaskan

Warga Gantungkan Harapan ke Suyatno

GUBRI LANTIK BUPATI ROHIL - Gubri H Annas Maamun melantik H Suyatno sebagai sebagai Bupati Rohil periode 2011-2016, di GOR Batu Enam, Bagansiapiapi, S

BAGANSIAPIAPI - Konflik sengketa lahan yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) banyak yang belum terselesaikan. Untuk itu, kebanyakan warga menggantungkan harapannya agar Bupati Suyatno, yang baru dilantik, Senin (24/3/14) pagi lalu, bisa menuntaskan persoalan itu agar tak lagi memakan korban.

"Masih banyak persoalan sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan belum terselesaikan. Kami harap Pak Suyatno bisa menyelesaikan persoalan ini, supaya tidak lagi ada korban yang berjatuhan. Persengketaan lahan ini tak hanya merugikan masyarakat saja, bahkan Pemkab juga dirugikan kerena banyak hutan yang digarap tanpa izin yang jelas, dan berujung pada kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terus menjadi langganan di Rohil ketika musim kemarau," sebut tokoh masyarakat Bagansiapiapi, Iman Suhub, Rabu (26/3/14).

Dikatakanya, masih banyaknya kasus sengketa lahan di Rohil yangbbelum tuntas membuat masyarakat resah menggarap tanahnya untuk mencukupi kebutuhan hidup. "Kami harap Pak Suyatno yang kini menjadi Bupati harus berani membela masyarakat yang tertindas. Karena, tanpa ada penyelesaian, masalah ini akan terus muncul dan memakan korban, sehngga masyarakat menjadi sulit mencari nafkah dan tak nyaman hidup di kampung halamanya sendiri," papar Iman.

Untuk itu, Suyatno diharap mencontoh kareteristik ubernur Riau, H Annas Maamun yang berani membela masyarakat tertindas. "Gubernur Riau sudah berpesan kepada Bupati Rohil harus berani membela masyarakat kecil yang tertindas demi kesejahteraan, semoga pesan ini dijalankan Pak Suyatno," harapnya. (rep1)