Fokus Rohil

Perbaikan Jalin Bagansiapiapi-Sinaboi Akan Dimulai

Kadis BMP Rohil, Nasri

BAGANSIAPIAPI - Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyatakan, perbaikan jalan lintas (Jalin) Bagansiapiapi-Sinaboi dimulai, dan ditargetkan rampung tahun 2014. Proyek ini didanai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas BMP Rohil, Nasri, Rabu (26/3/14) di Bagansiapiapi. Menurutnya, perbaikan jalin antar Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi-Kecamatan Sinaboi sangat mendesak, mengingat terdapat kerusakan di berbebera titik, mulai dari Jalan Bintang, Bagansiapiapi hingga Sinaboi.

"Tahun ini mulai diperbaiki, dan kita m,endapat suntikan dana dari provinsi untuk perbaikan jalin Bagansiapiapi-Sinoboi. Dengan begitu, pengguna jalan nantinya tak perlu lagi risau jika sudah selesai. Karena, jalan itu ditargetkan rampung tahun ini juga," terang Nasri.

Dijelaskan Nasri, sejumlah titik kerusakan jalan ditemukan di mulai dari Jalan Bintang, Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, dan Kepenghuluan Sungai Nyamuk, Raja Bejamu dan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi. Bahkan, selain jalan, di daerah itu juga ada beberapa jembatan yang mengalami kerusakan. "Jalin Bagansiapiapi-Sinaboi adalah jalan provinsi, jadi mereka yang akan merawatnya. Dengan begitu, Pemkab tak lagi terlibat dalam pendanaan. Namun, kita siap membantu," tegasnya menjelaskan.

Nasri memastikan, usulan perbaikan jalin itu diketahuinya saat seluruh kabupaten/kota dilibatkan dalam rapat koordinasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Pekanbaru beberapa waktu lalu. "Bukan hanya jalin Bagansiapiapi-Sinaboi saja yang didanai, bahkan jalin dari Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih-Bagansiapiapi juga sudah diambil alih Pemprov Riau, jadi kita tidak lagi mengeluarkan dana perawatan seperti selama ini dilakukan atas jalan provinsi, tapi yang merawat Pemkab Rohil," urainya. (rep1)