Fokus Rohil

Dishut Siap Sebar 16 Ribu Bibit Tanaman di Pekarangan Warga

BAGANSIAPIAPI - Program pengoptimalan perkarangan maupun lahan yang terlantar di seluruh kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Dinas Kehutanan (Dishut) menyediakan 16 ribu bibit tanaman yang siap untuk di sebarkan. Bibit tanaman tersebut terdiri pepohonan dan buah-buahan dari berbagai jenis.
 
Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Rohil, Drs Suandi membenarkan hal itu, Rabu (1/4) kepada Metro Riau. "Pengadaan 16 ribu batang bibit tanaman itu masih dalam proses. Kalau sudah selesai, maka bibit tanaman akan kita sebarkan di seluruh kecamatan untuk di tanam di pekarangan warga dan lahan terlantar," sebut Suandi.
 
Bibit tanaman sebanyak 16 ribu batang itu, lanjut Suandi, formasinya terbagi dua. Bibit tanaman untuk pepohonan dan buah-buahan dari berbagai jenis tersebut masing-masing sebanyak 8 ribu batang. "Khusus bibit tanaman jenis pepohonan seperti mahoni, trembesi dan ketapang serta karet, untuk mendukung agenda penghijauan. Lokasi penghijauan itu nantinya dipusatkan di beberapa daerah strategis yang dianggap perlu untuk dilakukan penghijauan," jelasnya. 
 
Sedangkan bibit tanaman buah-buahan dari berbagai jenis, lanjut Suandi, bakal di sebar di semua perkarangan masyarakat miskin di Kabupaten Rohil, termasuk lahan-lahan terlantar yang ada di daerah yang kondisinya sangat perlu untuk dilakukan penghijauan. "Ini semua sudah diagendakan dan hanya tinggal merealisasikan saja lagi," urainya. (rep-01)