Fokus Rohil

Dipenda Lanjutkan Penyerahan SPPT ke Setiap Kecamatan

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kabupaten Rokan Hilir terus menggesa penyerahan SPPT PBB Pedesaan dan Perkotaan (P2) di setiap kecamatan. Kegiatan ini bertujuan memotivasi wajib pajak agar lebih taat membayar pajak.
 
"Penyerahan SPPT PBB P2 terus berlanjut, Selasa (30/40 lalu kita serahkan di Kecamatan Rimba Melintang. Kegiatan ini arahnya untuk memotivasi wajib pajak agar lebih taat pajak. Kini hanya tinggal empat kecamatan lagi yang belum kita serahkan dokumen itu seperti, Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam, Pasir Limau Kapas, dan Pekaitan," ungkap Kepala Dipenda Rohil Drs H Wan Ahcmad Syaiful, Rabu (1/5).
 
Dikatakannya, jika target dari penyerahan dokumen tercapai dalam meningkatkan motivasi wajib pajak menunaikan kewajibannya, maka para wajib akan diberikan bonus berupa mobil dalam penarikan undian nantinya. "Justru tahun ini penghargaan berupa bonus akan lebih ditingkatkan lagi. Tetapi, jika pemasukan PBB P2 minim, maka akan diberi bendera hitam kepada pihak kecamtan. Oleh karena itu, tahun 2013 diharapkan objek pajak berlomba-lomba meningkatkan PAD," harapnya.
 
Karena, jelasnya, PBB Perdesaan dan Perkotaan dikelola oleh daerah. Untuk itu objek pajak yang komplain bisa langsung ke Dipenda menyampaikan uneg-unegnya agar diketahui pokok persolannya. Disisi lain, tujuan peningkatan PAD membutuhkan perjuangan dan kerjasama yang baik. "Terutama dalam mengelola PBB Perdesaan dan Perkotaan, Dipenda sudah mempersiapkan SDM handal dalam bidang Informasi Teknologi (IT)," terangnya.
 
Semua yang dilakukan, jelasnya, merupakan syarat yang harus dilengkapi demi tercapianya PAD yang maksimal, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. "Jika memang ada tunggakan tahun-tahun sebelumnya perlu diproses lebih jauh. Dan ini sudah menjadi kewajiban yang harus diselesaikan," harapnya. (rep-01)