Terkait Infrastruktur di Meranti

Bupati Irwan Sabet Sindo Government Award

Selatpanjang-Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan M.Si mendapat penghargaan dari  Sindo Weekly Magazine. Penghargaan tersebut layak diberikan kepada Bupati Meranti dengan alasan, Meranti berhasil membangun dan memperbaiki infrastruktur publik baik jalan, jembatan, listrik, kesehatan dan pendidikan hingga ke desa-desa.
 
Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh CEO MNC Group Harry Tanoesudibyo, Mendagri Gamawan Fawzi, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di ballroom Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (19/3/2014) malam. 
 
Bupati Irwan menerima perhargaan itu bersama-sama 23 kepala daerah lainnya untuk berbagai kategori pembangunan. ''Kita bersyukur dan berterima kasih karena upaya-upaya kita membangun infrastruktur diperhatikan dan dihargai orang. Mungkin penilaian atas penghargaan ini karena meskipun Kepulauan meranti baru lima tahun dimekarkan namun perkembangan pembangunan infrastrukturnya cukup progresif,'' ungkap Bupati usai menerima langsung perhargaan tersebut.
 
Selain Meranti, Kabupaten Rokan Hulu meraih penghargaan terbaik di kategori layanan publik. Sedangkan Pekanbaru meraih kota terbaik kategori investasi. ''Penghargaan ini menjadi pendorong semangat bagi kita untuk terus memperbaiki kualitas pembangunan infrastruktur di daerah kita. Saya kira infrstruktur ini adalah salah satu kunci keberhasilan pembangunan,'' tegas Bupati.
 
Keberhasilan Kabupaten Meranti tersebut, bisa dilihat dari APBD Kepulauan Meranti yang setiap tahunnya terus membaik. Bahkan dalam APBD 2014 yang baru disahkan sebesar Rp 1.615.183.538.287, Belanja langsung atau belanja pembangunan mencapai Rp 1,1 Triliun daripada belanja pegawai atau belanja tak langsung Rp 513 miliyar. 
 
Alokasi dana pembangunan tersebut dua kali lipat lebih tinggi daripada belanja pegawai. ''Tinggal lagi bagaimana kita dan para stakeholders menjalankan program pembangunan secara sungguh-sungguh dan sesuai aturan,'' pintanya.
 
Sementara itu Pemimpin Redaksi SINDO Weekly Sururi Alfaruq mengatakan penghargaan dimaksudkan untuk memotivasi para kepala daerah lain agar berprestasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing.
 
Sedangkan CEO MNC Group Hary Tanoesodibjo (HT) mengutarakan, penghargaan ini diberikan juga sebagai apresiasi kepada kepala daerah kabupaten/kota sebagai ujung tombak pembangunan nasional. ''Hasil kunjungan saya hampir ke semuan daerah di tanah air, peran kepala daerah sangat penting sebagai ujung tombak pembangunan,'' kata HT dalam sambutannya.
 
Secara khusus HT mengapresiasi kinerja kepala daerah yang mendapat penghargaan tersebut. Menurutnya MNC Group yang memiliki jaringan usaha media massa mulai televisi, radio, koran, majalan dan wesite internet siap menjalin kerjasama dan mendukung pembangunan daerah. ''Kami siap menyiarkan pembangunan di daerah-daerah,'' ungkapnya.(rep05)