Gubri Turuti Saran Mendagri

Penggunaan APBD Riau 2014 berdasarkan SOTK Lama

Pekanbaru-Selasa sore (18/3/14), Gubernur Riau Annas Maamun mengumpulkan seluruh kepala dinas dan kepala badan. Digelar rapat di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau. Dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB.
 
Rapat berlangsung tertutup dan Gubri Annas didampingi Sekdaprov Zaini Ismail. Seluruh pejabat penting duduk diam mendengarkan intruksi mantan Bupati Rokan Hilir yang baru sebulan menjadi orang nomor satu di Pemprov Riau tersebut. 
 
Dalam kesempatan tersebut Gubri Annas mengintruksikan penggunaan APBD 2014 berdasarkan SOTK lama. “Pak Gubernur bilang, penggunaan APBD 2014 dikembalikan pada SOTK lama sambil mengupayakan percepatan pengajuan APBD perubahan,” tutur salah seorang pejabat di Pekanbaru, Rabu (19/3/14), seperti dilansir riauterkini.com.
 
Seperti diketahui untuk mencari solusi penggunaan APBD 2014, beberapa waktu Mendagri Gamawan Fauzi menyarankan penggunaan APBD Riau 2014 berdasarkan SOTK lama.
 
Selain mengumumkan pengembalian SOTK lama dalam penggunaan APBD 2014, lanjut pejabat tersebut, gubernur juga mengintruksikan agar seluruh satuankerja secepatnya mengoptimalkan penggunaan APBD. Hanya saja, dalam intruksinya juga terkesan ada pemilah-milahan kegiatan yang harus diutamakan. 
 
Mengenai SOTK baru yang sudah dilantik, pejabat terebut melanjutkan, Gubri Annas menjamin pada APBD-P 2014 akan kembali ditempatkan sebagaimana posisi semula. 
 
Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Fahmizal Usman membenarkan adanya pertemuan yang dipimpin Gubri Annas Maamun tersebut kemarin sore. Ia juga tak menampik adanya intruksi Gubri Annas untukmengembalikan SOTK lama. Hanya saja ia tidak tahu bagaimana nasib pejabat dalam SOTK baru yang sudah terlanjur dilantik. 
 
“Kalau masalah itu, sebaiknya tanyakan Pak Surya (Surya Maulana, Kepala BKD Riau.red). Beliau pasti yang memahami,” tutur mantan Sekretaris BKD Riau tersebut.(rep05)