Fokus Rohil

Kabut Asap Hilang, Siswa Kembali Belajar

BAGANSIAPIAPI - Para pelajar sekolah kembali beraktivitas setelah sebelumnya sempat diliburkan dua pekan karena kabut asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pantauan di lapangan, SDN 003 Bagansiapiapi, Senin (17/3), kembali melaksanakan proses belajar mengajar. Bahkan, hampir di seluruh sekolah yang ada di Bagansiapiapi mulai melakukan kegiatan serupa. Sebab, kabut asap yang biasa tebal berangsur hilang setelah hujan lebat turun, Minggu (16/3) lalu. 
 
Menurut, Yanti salah seorang wali murid mengatajan, sudah hampir dua pekan, aktivitas UAS, mid semester, sampai belajar mengajar siswa terganggu lantaran kabut asap, sehingga pihak sekolah meliburkan siswanya.
 
"Kalaupun dipaksakan bersekolah siswa harus menggunakan masker, tetapi hampir seluruh siswa mengaku tidak terbiasa menggunakan masker. Alhasil, siswapun tidak menggunakan masker sama sekali," katanya.
 
Kondisi ini, sebut yanti, membuat kekhawatiran bagi orang tua siswa dari dampak kabut asap yang mempengaruhi kesehatan anak, seperti ISPA, batuk, pilek dan penyakit lainya.
 
"Alhamdulilah, kabut asap sudah berkurang, dan siswa sudah kembali berkatifitas sekolah. Kedepan, persoalan ini dapat ditanggapi serius pemerintah baik pusat, daerah sebab dampaknya mempengaruhi mutu pendidikan sekolah," jelasnya. (rep1)