Fokus Rohil

PKPI dan Golkar tak Lakukan Kampanye Terbuka di Rohil

BAGANSIAPIAPI - di hari ke dua masa kampaye terbuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir (Rohil), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan partai Golongan Karya (Golkar) yang kampanye di hari kedua ini memilih tidak melakukan kampanye terbuka. Karna kedua parpol memiliki alasan yang berbeda.
 
Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Rohil, mengaku memilih tidak melakukan kampaye di hari kedua, karna di nilai tidak efektif dan akan mengahabiskan uang. Karna waktu melakukan pemilliha caleg terbilang masih cukup lama.
 
"kita (PKPI, red) di hari kedua sengaja tidak melakukan kampaye terbuka, karna di nilai kurang efektif. Kalau kita melakukan kampaye mungkin di akhir masa kampanye terbuka dan dekat dengan pemilihan. Supaya masyarakat ingat dengan visi misi yang kita sampaikan waktu kampanye, kalau di adakan waktu sekarang kampaye di nilai akan menghsbiskan uang saja,"ujar Ketua DPK PKPI Rohil, Artudianto, Senin (17/3) di Bagansiapiapi.
 
Menurutnya, di hari kedua kampanye ini, pihaknya hanya melakukan sosialisasi antar caleg sesuai dengan daerah pemillihan kepada masyarakat. Namun kalau masing-masing caleg sesuai dapilnya melakukan rapat umum tidak di persoalkan.
 
"Rencana sesuai jadwal kampanye PKPI, baru mengadakan kampanye di pertengahan atau terakhir menutupan kampanye, dan kampanye tersebut sesuai jadwal KPU telah di satukan dengan Caleg Propinsi dan Pusat. Dan PKPI Rohil melakukan kampanye tersebut rencana di hadiri ketua PKPI pusat, Sutiyoso dan ketua PKPI Riau Ali Syahbana. hal itu atas permintaan dari ketua PKPI Riau,"tegas Artu.
 
Sementara itu, Ketua Harian DPD II Partai Golkar Rohil, Tatang Hartono mengaku, tidak mengadakan kampanye di hari kedua ini, pihaknya lebih memilih melakukan sosialisasi masing-masing caleg di daerah pemilihanya,"lagi pun untuk melakukan kampaye uang tidak ada, dan dari pada melakukan kampanye dan mendatangkan artis hanya menghabiskan uang saja. Lebih baik uangnya di bagikan kepada masyarakat, lebih baik dan tidak menghaburkan uang,"ungkap Tatang.
 
Dia mengatakan, kedepanya belum tahu pihaknya melakukan kampannye atau tidak. Karna belum ada ke sepakatan dan rapat bersama dengan pengurus partai,"kita belum tahu kedepanya tidak melakukan kampanye terbuka, karna kita serahkan kepada caleg bersangkutan dan sesuai dapilnya. Kalau melakukan kampanye kita persilahkan. Lagipun kalau tidak melakukan kampaye juga lebih baik dan tidak merepotkan pihak kepolisian,"sebut Tatang.
 
Sementara itu, Anggota KPU Rohil, Hasan Basri, ketika menghubungi mengaku, tidak persoalkan kalau parpol tidak mengadakan kampaye terbuka, karna juga tidak ada sangsi atau denda kalau tidak melakukan kampanye,"kita tidak tahu parpol tidak melalakukan kampaye, karna kampanye merupakan hak masinh-masing parpol,"kata Hasan.(rep05)