Sosialita

Dari Pada Cincin Tunangan, Perempuan Sekarang Lebih Pilih Rumah

Saat hubungan bersama si dia bergulir kian serius, dan kedua pihak keluarga sudah saling mengenal, ini berarti Anda berdua telah siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, yaitu bertunangan.
 
Mengenai ritual bertunangan yang selalu divisualisasikan secara romantis, seperti makan malam berdua di restoran favorit,  alunan musik merdu yang sebagai latar, kemudian diikuti dengan kejutan manis berupa cincin cantik berbatu berlian yang indah. Lalu pertanyaan paling dinanti sejumlah wanita itu pun dilontarkan, “Bersediakah dirimu menjadi istriku?”. Ah, betapa romantisnya.
 
Namun ritual pertuanangan seperti yang digambarkan di atas, ternyata tak lagi diminati oleh wanita. Sebab dalam perkembangannya, perempuan kini mulai berpikir lebih realistis mengenai aksi romantis dan kebutuhan kehidupan di masa depan.
 
Menurut survei dari Era Real Estate terhadap 1000 pasangan, menemukan fakta bahwa wanita zaman sekarang sudah hilang minat pada cincin pertunangan, meski yang berbaurkan berlian sekalipun. Tetapi mereka masih memiliki minat yang besar terhadap cincin pernikahan.
 
Kesimpulan tersebut diperoleh dari data survei yang menyebutkan bahwa 50 persen responden perempuan berusia 20-an lebih memilih agar uang cincin pertunangan dijadikan uang muka pembelian rumah yang akan ditempati bersama nantinya.  
 
Keinginan tersebut disambut pihak pria sebagai ekspektasi yang positif, karena beberapa calon pengantin Menurut beberapa calon pengantin pria  mengaku bahwa mereka menghabiskan uang lebih yang lebih banyak untuk membeli cincin berlian, dan dianggap sebagai pemborosan. 
 
Bahkan 18 persen responden menyatakan mereka telah menolak cincin pertunangan dari sang kekasih, dan meminta agar uang tersebut dialokasikan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat untuk masa depan mereka nanti.  Hasil survei juga mengatakan bahwa ikatan cinta akan semakin kuat apabila masing-masing pasangan mengumpulkan uang untuk membeli rumah. (rep05)