Riau Raya

Kabut Asap Pukul Sektor UMKM

Pekanbaru-Pengamat Ekonomi Universitas Riau Edyanus Herman Halim, Jumat (14/3/14) mengungkapkan, dampak kabut asap di Riau sangat memukul pelaku usaha di level UMKM.
 
Menurutnya, nasib sektor usaha kecil menengah dan mikro ini sangat miris. Tempat-tempat pelaku usaha kecil seperti di pasar dan toko-toko, semakin sepi dari transaksi. Warga (konsumen) lebih memilih di rumah. Usaha-usaha kecil seperti di dekat kampus, sekolah dan pusat keramaian, tutup.
 
Selain sektor UMKM, dampak kabut asap juga dirasakan sektor perhubungan. Seluruh maskapai penerbangan menuju ke Riau dihentikan karena jarak pandang di bawah ketentuan. Kerugian ditaksir mencapai miliaran dan bahkan triliunan. 
 
“Kerugian maskapai penerbangan juga dirasakan para agen, dan konsumen. Mereka mengalami kerugian yang nilainya luar biasa,” imbuhnya, seperti dilansir riauterkini.com.
 
Kata Edyanus, jika dihitung PDRB Riau setiap tahun yang mencapai Rp342,69 triliun lebih, maka diperkirakan sebulan saja terganggunya aktivitas usaha sebagai dampak kabut asap maka 30 persen dari total produktivitas dikali dengan Rp342,69 triliun PDRB Riau ditemukan kerugian sebesar Rp 10 triliun itu.(rep05)