Riau Raya

Mundari Karya Resmi Mundur sebagai Pelatih PSPS

PEKANBARU-Pelatih kepala PSPS Pekanbaru, Mundari Karya secara resmi sudah mengajukan pengunduran dirinya. Pengajuan tersebut sudah disampaikan kepada manajemen dan petinggi PSPS. Lalu apa alasan Mundari mundur dari jabatan tersebut di akhir putaran pertama musim ini?

Mundari memaparkan pengunduran dirinya dari kursi pelatih kepala PSPS, bukan karena persoalan krisis keuangan yang membelit PSPS selama dua musim terakhir. Bukan pula karena belum dibayarnya hak - haknya sebagai pelatih.

"Pengunduran diri saya bukan masalah uang. Musim lalu juga seperti ini, tapi saya bertahan dan bisa mempertahankan PSPS tetap di ISL musim ini," kata Mundari, Senin (29/4) lalu.

Dikatakan, salah satu alasan pengunduran dirinya karena hasil mengecewakan yang diderita PSPS pada akhir putaran pertama lalu. Apalagi, PSPS kalah dengan gol-gol mencolok. "Kekalahan dari Persiba dan Barito Putera sangat menyakitkan. Dua kali dengan skor telak. Makanya saya berpikir ke arah seperti itu mundur," ucap Mundari.

Selain itu, Mundari beralasan ingin fokus ke organisasi Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI). Di APSNI, Mundari menjabat sebagai ketua umum. Menurutnya, APSNI masih butuh banyak pembenahan dan juga perjuangan, apalagi untuk diakui PSSI. Inilah yang akan diperjuangkan Mundari kedepannya.

"Saya mau fokus ke Asosiasi pemain yang saya pimpin. Ini sedang berjuang agar bisa diakui PSSI. Apalagi sebentar lagi kan mau kongres. Memperjuangkan inikan perlu lobi-lobi. Ini yang akan saya kerjakan kedepannya," ujarnya.

Prinsipnya, menurut Mundari, di putaran kedua nanti menang sudah tidak menjadi pelatih kepala. Diapun berharap, PSPS bisa berbenah di putaran kedua nanti. Mundari berharap pengunduran dirinya tidak dipelintir dan mundur bukan karena keadaan PSPS seperti saat ini.

Mundari berharap, asistennya Afrizal bisa memimpin PSPS sebagai pelatih di putaran kedua ini. Mundari yakin dengan pengalaman Afrizal dan kedekatannya dengan pemain, bisa mempertahankan PSPS. Pengunduran Mundari Karya ini ternyata beberapa pemain juga pindah. Ada sebanyak empat pemain yang sudah meminta izin pindah klub di putaran kedua ini. Mereka yakni wing bek Slamet Riadi, gelandang bertahan Rohid Chan, wing bek kiri Glen dan gelandang serang M Ilham.

Rohid dikabarkan diminati Persija. M Ilham dikabarkan akan berlabuh ke Persija atau Persepam United. Sebelumnya, kiper Amin dan Trias Budi sudah lama hengkang dari PSPS.

Nama-nama di atas sudah meminta izin ke manajemen untuk pindah di putaran kedua nanti. Namun beredar kabar, beberapa pemain lainnya juga bakal pindah klub di putaran kedua ini. Jumlahnya cukup banyak. "Kalau yang lain saya kurang tau. Sebab hanya Ilham, Rohid, Glen dan Slamet yang sudah minta izin," kata pelatih kiper PSPS, Tarjaki Lubis, Selasa (30/4).

Para pemain PSPS sendiri saat ini sedang berada dirumah keluarganya masing - masing. Sebab saat ini PSPS sedang libur latihan. Latihan akan dimulai, Kamis (3/5) mendatang di lapangan paskhas AURI. (rep02/frc)