Riau Raya

Ini Gelapnya Riau yang Diselimuti Kabut Asap Pekat

Kabut asap masih menyelimuti Riau. Kabut ini sangat pekat sehingga membuat aktivitas warga terganggu. Suasana siang yang seharusnya terang menjadi gelap akibat kabut asap ini. 
 
"Hari ini tambah parah kabutnya, gelap sekali," kata Hana Sugandi, warga Riau, sebagaimana dikutip dari detikcom, Kamis (13/3/2014). 
 
Sugandi menjepret bebrapa lokasi di Riau yang terkena imbas kabut asap dan mengirimkannya ke pasangmata.com. Beberapa lokasi yang dijepretnya terdapat di sekitar Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. 
 
"Sekolah juga diliburkan akibat kabut asap ini," katanya. 
 
Mahramuay, warga Dumai, menyatakan kabut asap tebal juga terjadi di kotanya. Jarak pandang di lokasi ini sangat terbatas sehingga cukup membahayakan para pengendara jalan. Banyak pengendara jalan yang harus menyalakan lampu kendaraannya gar jalanan bisa terlihat. 
 
Kabut asap di Riau terjadi karena pembakaran lahan/hutan oleh tangan-tangan jahil. Kebiasaan yang selalu datang setiap tahun ini menyebabkan 16 maskapai tidak beroperasi ke/dari Pekanbaru sejak hari ini hingga Sabtu depan. Pemerintah berusaha memadamkan kabut asap dengan menjatuhkan bom air dari udara dan akan menjerat perusahaan yang membakar lahan lewat jalur perdata, selain pidana.