Sosialita

Wow, Pemulung Ini Punya Uang Rp17 Juta

JAKARTA – Eli Mulyawati (42), pemulung yang kedapatan membawa uang Rp17 juta saat diamankan petugas Satpol PP di kawasan Gondangdia Lama, Menteng, Jakarta Pusat, mengaku hendak membeli rumah di DKI Jakarta dari uang hasil memulung.
 
"Iya dia ngomongnya kayak seperti itu (beli rumah). Tapi logikanya mana cukup dengan uang sebesar itu. Mungkin ia kumpulkan dan dia beli rumah di pinggiran Jakarta," kata Kasatpol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi, Rabu (12/3/2014).
 
Yadi memastikan perempuan asal Madiun tersebut normal dan tidak mengalami gangguan jiwa. Hal itu berdasarkan pengakuan Eli kepada petugas yang dapat berkomunikasi secara lancar.
 
"Namanya PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) ya tampilannya seperti itu, kucel dan kurang terurus. Tapi sejauh ini dia normal kok," terangnya, seperti dilansir okezone.
 
Yadi melanjutkan, saat diamankan petugas, perempuan paruh baya itu selalu memegang erat kantong plastik yang berisi uang. 
 
"Saat kita amankan, ia berontak dan tidak mau lepas dari kantong plastik. Kita terkejut setelah kita buka berisi uang dalam kantong plastik tersebut," ujarnya.
 
Dari keterangan Eli kepada petugas, tutur Yadi, uang tersebut didapat dari hasil memulung barang bekas dan rongsokan. Namun, tidak menutup kemungkinan ia juga mengemis.
 
"Kalau dari pengakuan Eli, ia jadi pemulung. Tapi, bisa saja dia juga menjadi pengemis. Kita juga temukan barang rongsokan di gerobaknya," jelasnya.
 
Saat ini Eli dan sejumlah PMKS yang terjaring dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 3, Cengkareng, untuk didata dan diberi pengarahan. (rep05)