Riau Raya

Berbagai Kelompok Massa di Riau Gelar Aksi Terkait Kabut Asap

 
Pekanbaru-Senin (10/3/2014) pagi berbagai kelompok massa atau komunitas melakukan aksi besar-besaran dengan tema 'Melawan Asap' di Tugu Zapin, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Para komunitas masih berkumpul di Jalan Cut Nyak Dien.
 
Aksi ini sebagai bentuk solidaritas atas bencana kebakaran hutan dan lahan yang melanda Riau sejak beberapa pekan terakhir. Koordinator Aksi, Heri Budiman, Senin (10/3/2014), menjelaskan, setidaknya ada 26-30 komunitas, LSM dan organisasi lainnya yang akan bergabung dalam aksi ini.
 
Rentetan aksi sendiri akan dimulai di Jalan Cut Nyak Dien dengan berbagai kegiatan seperti melantunkan lagu-lagu tentang lingkungan, kemudian puisi dan lainnya.
 
Kemudian mereka akan bertolak ke Tugu Zapin, depan Kantor Gubernur Riau. Dimana acara puncak untuk menyampaikan desakan dan tuntutan kepada pemerintah akan dilakukan di sana.
 
"Bencana asap yang terjadi di Riau membawa dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat saat ini. Banyak timbulnya penyakit yang menghantui masyarakat," ucap Koordinator Lapangang, Heri Budiman.
 
Ada pun tuntutan dan desakan yang akan mereka sampaikan, pertama kepada Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Pemprov Riau serta kabupaten/kota harus bertanggung jawab dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Riau.
 
"Mereka harus menuntaskan, menghentikan dan tidak ada lagi masalah asap di Riau untuk hari ini, besok dan kapanpaun," katanya, seperti dilansir goriau.
 
Kedua, aparat penegak hukum harus melakukan proses penegakan hukum yang transparan, adil dan memihak kepada lingkungan. (rep05)