Sport

Meski Madrid Menang, Final Liga Champions Milik Dortmund

MADRID-Borussia Dortmund melenggang ke final Liga Champions pertamanya dalam 16 tahun meskipun kalah 0-2 dari tuan rumah Real Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu (1/5).

Dengan demikian, tim berjuluk Die Borussen itu menang dengan skor agregat 4-3 karena di leg pertama di Westfalenstadion mereka menang 4-1.

Madrid sebenarnya berupaya menekan Dortmund sejak menit pertama pertandingan. Akan tetapi peluang demi peluang yang diperoleh Cristiano Ronaldo dkk senantiasa dimentahkan barisan pertahanan Dortmund yang dipimpin Matt Hummels.

Sebaliknya, Dortmund sanggup bermain tenang dengan sesekali melancarkan serangan balik berbahaya ke gawang Madrid yang dijaga Diego Lopez.

Di babak kedua, Dortmund seharusnya bisa mengungguli Madrid seandainya tendangan bomber Robert Lewandowski tak menerpa tiang. Begitu juga dengan peluang satu lawan satu Ilkay Gundogan yang masih sanggup ditepis Lopez.

Madrid justru lebih beruntung usai Karim Benzema dan Sergio Ramos mencetak gol masing-masing di menit ke-82 dan ke-87 dan membuat skor 2-0. Sayang hingga peluit panjang dibunyikan Madrid gagal mencetak gol lagi.

Hasil itu membawa Dortmund melenggang ke final untuk menantang salah satu di antara Bayern Muenchen atau Barcelona yang baru bertanding, Kamis (2/5). Terakhir, Die Borussen ke final tahun 1997 dan berhasil meraih trofi setelah mengalahkan wakil Italia Juventus 3-1. (rep02)