Riau Raya

Asap, 30 Jadwal Penerbangan di Bandara SSK II Terganggu

PEKANBARU-Informasi yang dihimpun Riauterkini di Bandara Sultan Syarief Kasim II menyebutkan bahwa hari ini, Sabtu (8/3/14) ada 30 jadwal penerbangan terganggu akibat kabut asap dan masalah tehnis.
 
30 jadwal penerbangan yang terganggu tersebut adalah Air Asia AK 1341 dari Kuala Lumpur, Lion Air JT 390 dari Jakarta, Garuda 172 dari Jakarta, Citilink QG 932 dari Batam, Batik Air ID 6855 dari Pekanbaru tujuan Jakarta, Air Asia QZ 8028 dari Kuala Namu Medan menuju Pekanbaru, Citilink QG 934 dari Batam ke Pekanbaru dan Lion Air JT 390 dari Jakarta ke Pekanbaru.
 
Satu pesawat membatalkan pendaratan dan kembali kebandara (Return to Base), yakni Silk Air dari Singapura, terpaksa kembali ke Bandara Changi Airport. Sedangkan Batik Air dari Jakarta terpaksa alihkan pendaratan (divert) ke Bandara Hang Nadim Batam.
 
Menurut Airport Duty Manager Bandara SSK II, Baikuni Sabtu (8/3/14) kondisi tersebut terjadi karena kabut asap yang tebal dan tidak memungkinkan pesawat untuk melakukan pendaratan maupun penerbangan.
 
"Kita berharap bencana kabut asap di Riau segera berakhir. Karena banyak yang dirugikan dengan kondisi seperti itu," terangnya, seperti dilansir riauterkini.
 
Ditanyakan siapa yang merugi, Baikuni mengatakan bahwa semua pihak terkait dirugikan atas tebalnya kabut asap. Maskapai merugi karena harus memberikan kompensasi kepada penumpang, penumpangnya rugi karena jadwal perjalanan tidak tepat waktu dan bandarapun rugi karena pendapatan dari maskapai yang cancel tidak masuk.(rep05)