Riau Raya

Syukurlah, Misteri Calon Sekda Riau Sudah di Meja Wapres

JAKARTA-Kementerian Dalam Negeri menegaskan, tiga nama calon Sekda Riau yang telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan yakni Kepala Inspektorat Riau Syamsurizal, Kepala Bappeda Riau Ramli Wahid dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Zaini Ismail pada Rabu (23/4) lalu, saat ini sudah berada di Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wakil Presiden.

"Tiga calon Sekda Riau yang diusulkan Gubernur Riau dan sudah menjalani fit and proper test sepekan lalu, sudah kita serahkan ke TPA yang langsung dipimpin Pak Wapres. Tunggu saat ini masih berproses," kata staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Hubungan Antar Lembaga yang juga Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar “Donny” Moenek, di Jakarta, Selasa (30/4).

Menurut Donny, tahapan berikutnya adalah TPA akan mengevaluasi  hasil uji kelayakan dan kepatutan itu  sebelum  memutuskan untuk memilih satu nama dari tiga nama yang diserahkan oleh Kemendagri atas usulan Gubri tersebut dan selanjutnya diajukan ke presiden untuk memperoleh Keppresnya.

"Benar, kalau Pak Mendagri sudah menyerahkan tiga nama calon Sekda Riau ke TPA yang langsung dipimpin oleh Wapres. Selanjutnya, salah satu dari tiga nama yang layak tersebut, akan  ditetapkan menjadi Sekda definitif provinsi Riau," kata Donny.

Donny belum bisa memastikan berapa lama proses TPA tersebut akan menetapkan satu nama untuk menjadi Sekda definitif. “Proses TPA itu tidak bisa diprediksi. Bisa saja satu bulan, dua atau lebih, “ katanya. (rep02)