Riau Raya

Siak, Kampar dan Pelalawan Hari akan Diguyur Hujan Buatan

PEKANBARU-Hari ini Kamis (6/2/2014), pesawat Cassa 212 akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada 3 titik di Riau, yaitu di kawasan Kampar, Siak dan Pelalawan. Selain TMC, satgas udara juga akan mengupayakan pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan water bombing (bom air, red).

Ketua Satgas Udara Kolonel Penerbang Andyawan menyebutkan, target hari ini pesawat Cassa akan menebar garam sebanyak 3 ton, untuk menciptakan hujan buatan, dengan daya angkut 1 ton garam dalam sekali terbang.

"Cuaca hari ini memungkinkan kita bekerja lebih awal, karena visibility masih normal. Kita sinkronkan data yang dari BMKG, jadi kita langsung meluncur ke 3 kawasan, yaitu Kampar, Siak dan Pelalawan, karena di sana banyak peluang awan", ujarnya, Kamis (6/2/2014).

Andyawan menambahkan, selain melakukan kegiatan udara dengan TMC, tim satgas udara juga akan menerjunkan 8 pewasat untuk mendukung kegiatan udara, berupa water bombing, yaitu di kawasan Cagar Biosfer Siak Giam dengan Helikopter Sikorsky, dan kawasan Meranti dengan helikopter berkapasitas angkut sedang.

Ketika ditanya mengenai keberhasilan TMC di hari sebelumnya (Rabu 6/2/2014, red), ia menyebutkan hingga pagi ini pihaknya belum mendapat laporan akan adanya hujan di kawasan TMC, yaitu di Siak dan Pelalawan.

"Tim lapangan belum melaporkan akan adanya tanda-tanda hujan, tetapi kabar baiknya, di sana sudah mulai mendung, jadi kita akan usahakan lagi untuk lakukan modifikasi cuaca di sana", paparnya, seperti dilansir halloriau.com. (rep05)