Fokus Rohil

Di Rohil, 10 Hektar Lahan PT. RUJ Terbakar

BAGANSIAPIAPI - Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau saat ini tidak akan habis-habinya, di Wilayah Rokan Hilir khusunya di Kecamatan Rimbo Melintas telah terjadi kebakaran hebat, di willayah Kecamatan ini di laporkan lahan Milik PT. Ruas Utama Raya (RUJ) terbakar hebat seluas 10 hektar, dan saat ini kebakaran itu terus berlanjut.
 
Kepala Dinas Kehutanan Rohil, Suandi. Senin (3/3) saat di hubungi, Menyebutkan kebakaran hutan di lahan perkebunan milik PT RUJ saat ini sangat hebat, dengan kobaran api yang cukup besar sehingga mengabiskan hutan yang ada di area perbatasan PT Diamon sebelah bagian barat hingga belebar ke bagian Teluk Pulau Hilir.
 
"Saat ini api di padamkan hanya bersifat melemahkan saja, bagi api yang besar kita perkecilkan. Pada intinya hanya melemahkan api supaya tidak membesar dan mengalir ke lokasi lain. Kalau kita padam seutuhnya tidak akan bisa karna apinya cukup besar,"ujar Suandi.
 
Selain di lahan milik RUJ, wilayah lainya api juga membakar lokasi hutan yang tidak bisa di hitung berapa titik api yang membakar. Namun api yang membakar lahan hutan tersebut terus merembat ke lokasi lain,"kebakaran hari ini tidak bisa di hitung berapa titik, karna api nya sangat bbanak dan dimana-mana ada titik api. Saat ini kita berupaya terus melakukan pemadaman api bersama badan dan instansi lainya, di bantu oleh pihak kecamatan dan relawan dari masyarakat setempat,"sebut Suandi.
 
Meluasnya karhutla di Rohil saat ini, tidak di lakukan dengan sengaja oleh masyarakat maupun pihak perusahaan, namun di karnakan oleh masyarakat yang mencari kayu api sambil merokok di hutan,"datang api ini bermula dari putung rokok masyarakat, karna masyarakat setiap hari mencari kayu di lahan PT RUJ dengan tidak sengaja mencampakkan putung rokok di lahan tersebut, sehingga lahan menjadi terbakar,"ungkap Suandi.
 
Sementara itu, Kepala Bapedalda Rohil, Bahtiar, mengaku kebakaran saat ini cukup parah dengan menyelimuti kabut asap di Rohil, namun api yang di pantau melalui satelit NOAA 18 ASMC Singapura di Rohill tidak di temukan titik api. Namun kalauuu di lihat di lapangan titik api telah terlihat,"kalau secara satelit titik api tidak terlihat atau nihil di Rohil, namun kalau kita llihat kelapangan akan di temukan titik api. Hal ini karna titik api tidak terpantau oleh satelit di karnakan terllindung oleh hutan-hutan tinggi, makanyya kabut asap di Rohil sedikit tebal dari hari biasanya,"kata Bahtiar.(Rep04)