Riau Raya

Tim Gabungan Bengkalis Incar Pembakar Lahan

BUKITBATU-Tim gabungan penanganan Karhutla yang terdiri dari Polres Bengkalis dan Kodim Bengkalis selain melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran di kecamatan Bukitbatu juga mengincar para pelaku pembakar lahan. Sebanyak 60 personil dari tim gabungan tersebut sejak pekan lalu melakukan penyisiran di lokasi kebakaran.
 
Kapolsek Bukitbatu Kompol Sasli Rais yang dikonfirmasi kemarin menegaskan, bahwa tim gabungan itu melakukan penyisiran di beberapa lokasi Karhutla yang diduga terjadi pembakaran lahan secara sengaja oleh oknum masyarakat. Meski sudah ada pelaku pembakar yang ditahan, tim gabungan masih melakukan pencarian ke kawasan Tanjung Leban, Bukit Kerikil karena ditengarai ada pondok-pondok yang diduga tempat tinggal peladang.
 
''Sudah sejak pekan lalu kami melakukan penyisiran mencari pelaku pembakar lahan di lokasi Karhutla di kecamatan Bukitbatu ini. Sejauh ini selain tiga pelaku yang telah kita tangkap beberapa waktu lalu, belum ditemukan pelaku lain, karena diduga begitu kebakaran hebat terjadi mereka diyakini sudah meninggalkan lokasi,'' ungkap Sasli.
 
Meski belum menemukan pelaku baru, tim gabungan menurut Kapolsek akan terus bergerak melakukan penyisiran ke sejumlah kawasan, terutama lokasi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (CBGSKBB). Karena sampai dengan saat ini diperkirakan luas lahan yang terbakar di CBGSKBB sudah mencapai 1500 hektar. Demikian juga halnya dengan Karhutla yang terjadi di desa Tanjung leban sudah melebihi 2 ribu hektar. (rep05)