Nasional

Hati-hati, 50 Juta Meter Kubik Lahar Dingin Kelud Ancam Warga

Kediri-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan warga agar mewaspadai banjir lahar dingin Gunung Kelud. Saat ini, ada sekitar 50 meter kubik (m3) material lahar yang berada di sekitar gunung yang terletak di Jawa Timur itu. 
 
Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, material lahar dingin itu sudah jenuh air karena sudah tiga hari terakhir terkena hujan. Sehingga, imbuhnya, mudah menjadi banjir lahar dingin.
"Tentu saja 50 juta meter kubik tersebut tidak akan terjadi sekaligus. Tergantung dari hujan yang ada," kata dia dalam keterangan, Selasa malam 18 Februari 2014.
 
Mengantisipasi aliran banjir lahar yang terlalu deras, petugas telah memasang sabo-sabo dam di sekitar lereng gunung yang mampu menampung 14,5 juta m3 lahar. Sementara, sungai-sungai yang ada memiliki daya tampung 14 juta m3. "Sehingga dam sabo dan sungai mampu menampung 28 juta m3," kata dia. 
 
Meski begitu, BNPB mengimbau warga tetap waspada dan menjauhi bantaran sungai saat banjir lahar dingin.
Diberitakan sebelumnya, Gunung Kelud meletus dahsyat pada Kamis malam 13 Februari lalu. Letusan paling besar terjadi sekitar pukul 23.30 WIB. Letusan gunung di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini menghembuskan abu dan kerikil. Abu dari gunung ini kemudian terbawa angin hingga ke wilayah Jawa Barat. (rep05)