Riau Raya

Kadin Minta Pelabuhan Kargo Bengkalis Perlu Difungsikan

Bengkalis-Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis, Masuri menilai pelabuhan bongkar muat atau kargo yang ada di Desa Air Putih perlu segera difungsikan. Hal itu terkait dengan makin tingginya frekwensi bongkar muat barang yang saat ini lebih banyak dilakukan di pinggir-pinggir jalan.
 
''Ya kita berharap pemerintah segera memfungsikan pelabuhan BUMD di Air Putih itu. Jika pelabuhan barang itu sudah difungsikan maka aktifitas bongkar muat bisa dilakukan di sana,'' ujar Masuri, Selasa (18/2/2014).
 
Satu hal lagi ujar Masuri, bahwa sebagian besar gudang-gudang para pengusaha di Bengkalis berada di tengah kota. Maka mau tak mau aktifitas bongkar muat dilakukan di pinggir-pinggir jalan di tengah kota. ''Kondisi seperti itu bisa diminimalisir jika pemerintah mau membangun gudang-gudang agak di luar kota. Gudang-gudang itu bisa disewakan kepada para pengusaha di Bengkalis. Saya yakin solusi seperti itu bisa dilakukan, asalkan para pengusaha diajak duduk bersama untuk membahas persoalan ini,'' ujarnya lagi.
 
Pantauan di lapangan, sejumlah pengusaha di Bengkalis terpaksa memanfaatkan bahu jalan untuk membongkar barang-barang yang masuk menggunakan truk. Kondisi tersebut mengganggu para pengguna jalan, terlebih saat kondisi jalan sedang ramai.
 
''Banyak tempat kita pantau menjadi lokasi bongkar muat truk-truk yang mengangkut barang ke kota Bengkalis. Salah satunya di jalan Diponegoro. Saat-saat jam sibuk, ketika pulang kantor atau anak-anak pulang sekolah, aktifitas tersebut sangat mengganggu dan membahayakan,'' ujar tokoh muda Bengkalis, Asri. (rep03)