Sosialita

Wah... Desain Baru Twitter Contek Facebook?

Jakarta - Desain baru Twitter dinilai menjiplak kompetitornya, Facebook. Bagian yang dianggap mirip tersebut yakni profil dan foto serta pengaturannya. Ada juga yang menganggap desain baru Twitter merupakan perpaduan antara Facebook dan Pinterest.
 
Dalam desain baru ini, Twitter menambahkan fitur Cover Photo yang sudah lebih dulu dimiliki Facebook. Foto profil pengguna dan data diri berada di bagian kiri layar dengan ukuran foto yang lebih besar daripada sebelumnya. 
 
Header foto di Twitter dalam desain barunya berukuran 1.500 x 500 piksel dengan ukuran fail maksimum 5 megabita. Adapun ukuran header di Faecbook lebih kecil, yaitu 851 x 315 piksel. 
 
Informasi mengenai pengguna, seperti jumlah pengikut, teman, jumlah kicauan, cuitan favorit, dan daftar lingkaran pertemanan berada di bagian atas. Ini sangat mirip dengan daftar informasi pengguna yang ditampilkan Facebook. Sedangkan linimasa di desain baru Twitter mirip dengan penampilan Pinterest. 
 
Twitter menolak berkomentar perihal kemiripan desain barunya ini dengan Facebook dan Pinterest. Saat ini mereka tengah melakukan uji coba dengan bantuan sejumlah pengguna terpilih. Hanya satu persen dari total pengguna Twitter yang berkesempatan menikmati profil baru. Tidak dijelaskan alasan mereka melakukan uji coba hanya pada sebagian penggunanya.
 
Dalam memperbarui penampilannya, Twitter berpatokan pada kebiasaan pengguna. Penampilan baru itu menjanjikan keindahan estetika agar lebih nyaman dilihat. Akan ada menu Compose berupa kotak yang terdapat di sisi kiri laman. Kotak itu akan menggantikan menu Compose lama yang berbentuk pop-up.
 
Menu itu diharapkan membuat penggunanya semakin aktif mencuit. Beberapa waktu lalu Twitter menyebutkan 40 persen pengguna mengakses media sosial tersebut hanya untuk melihat-lihat cuitan orang lain. "Mereka tidak berbagi banyak hal tentang diri mereka," kata Twitter kala itu.
 
Saat ini jumlah pengguna aktif Twitter mencapai sekitar 232 juta per bulan. Dalam sehari, setidaknya 500 juta cuitan dibuat para penghuni ranah Twitter. (rep03)