Riau Raya

Ribuan Warga Riau Terkena Ispa

Antara/FB Anggoro/vg
Sebanyak 1.517 warga di Kabupaten Siak dan Kota Dumai terjangkit infeksi saluran pernafasan akut (ispa). Ini merupakan dampak dari tercemarnya udara oleh kabut asap.
 
"Dua daerah ini adalah yang terparah terkena dampak kabut asap di wilayah ini. Untuk Kota Dumai ada sebanyak 687 penderita, sementara di Siak ada 8300 penderita Ispa," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (13/2).
 
Jumlah penderita Ispa di dua wilayah tersebut, meningkat drastis dari hari biasanya sebelum daerah tersebut dilanda kabut asap. Kabut asap ini berasal dari pembakaran lahan.
 
Zainal mengatakan dua wilayah itu merupakan daerah terparah yang tercemaran kabut asap. Kualitas udara pun menurun hingga ke level sangat berbahaya.
 
"Bahkan terakhir dikabarkan sudah berada pada 449 PSI (pollutant standards index) untuk Kota Dumai yang artinya sudah sangat tidak sehat atau berbahaya akibat tercemar kabut asap," kata Zainal.
 
Kabut asap yang merupakan dampak dari kebakaran lahan atau hutan di Riau mencemari sejumlah wilayah sejak dua pekan terakhir. Zainal mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang berpotensi menyerang tubuh dengan mengurangi aktivitas di luar rumah atau gedung.
 
"Kalau memang aktivitas tersebut tidak bisa dihindari, maka gunakanlah penutup hidung dan mulut atau masker untuk menghindari Ispa yang kini terus mengalami peningkatan jumlah penderita," katanya.
 
Pemerintah Provinsi Riau telah menyatakan siaga bencana kabut asap dan menguatkan sistem koordinasi untuk mengatasi masalah kebakaran lahan di berbagai wilayah. (Rep01)