Fokus Rohil

Dusun Tuah Sekato Miliki Poskesdes

BAGANSIAPIAPI - Dusun Tuah Sakato, Kepenghuluan Sei Daun,  Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) telah memiliki Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Dengan diresmikannya Poskesdes oleh Kepala Puskesmas Panipahan, dr Netty Juliana, Sabtu (8/2), diharapkan pelayanan kesehatan bisa meningkat.

"Selama ini memang daerah ini masih minim pelayanan kesehatan. Itu harus saya akui, keterbatas wilayah menjadi kendala meskipun di desa ini telah ditempatkan Tenaga Kesehatan Sementara (TKS) sebanyak 2 orang. Semoga dengan adanya Poskesdes, TKS tak lagi menggunakan rumah pribadi untuk melayani kesehatan warga," sebut Netty.

Diakui Kepala Puskesmas Panipahan, selama ini warga Desa Sei Daun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Panipahan apabila membutuhkan pelayanan kesehatan. "Semoga dengan Poskesdes, keluhan pelayanan kesehatan dapat diatasi. Jadi para ibu-ibu sudah bisa membawa anaknya untuk imunisasi ke Poskesdes, dan tak perlu lagi ke Puskesmas Panipahan yang jaraknya cukup jauh," tegasnya.

 Sekretaris Camamat Palika, M Sidik menambahkan, warga cukup senang telah memiliki Poskesdes meski dibagun secara swadaya. "Program kesehatan tetap menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil, maka dengan Poskesdes yang dibangun secara swadaya ini diharapkan membantu memenuhi kesehatan masyarakat. Untuk itu, pemerintah selalu mendukung apapun yang dilakukan warga sepanjang positif," ujarnya yang turut hadir dalam peresmian sekaligus menyaksikan pengobatan gratis untuk warga. (rep1)