Bangun Jalan dan Jembatan

Pemkab Rohil Gelontorkan Rp800 Juta Per Desa

KUNJUNGI SINABOI - Wabup Rohil, H Suyatno melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sinaboi, belum lama ini untuk mengetahui kondisi daerah ini seutuhnya

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menggelontorkan Rp800 juta per desa untuk kebutuhan pembangunan jalan dan jembatan. Dana itu bakal ditransfer ke rekening desa dan penggunaannya diawasi dengan ketat.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati, H Suyatno, Selasa (12/2) di Bagansiapiapi. "Program peningkatan infrastruktur tahun 2014 ini, setiap desa akan dibantu Rp800 juta untuk kebutuhan peningkatan jalan dan jembatan. Bantuan yang dikhususkan untuk jalan dan jembatan itu bakal diawasi ketat oleh tim agar tidak disalahgunakan," tegas Suyatno.

Untuk itu, Suyatno meminta perangkat kelurahan/penghulu segera mengusulkan bantuan ke Pemkab Rohil. "Usulan itu kita minta karena secepatnya dinas terkait menjalankan program ini. Mengenai dana pembangunan sekolah dan lainnya, nanti kita masukkan ke anggaran belanja tahap berikutnya," tegasnya.

Program ini digalakkan karena aktivitas masyarakat desa sangat tergantung mutu jalan dan jembatan, sehingga perekonomian masyarakat bisa berkembang. "Kalau jalan dan jembatan bagus, hasil panen kebun masyarakat mudah diangkut, harganya pun kan bisa meningkat. Dengan begitu, perekonomian warga akan meningkat juga. Selain itu, desa juga jadi berkembang dan pemerataan pembanguan terwujud," bebernya. (rep1)