Fokus Rohil

Kesabangpolinmas Desak Warga Tak Bakar Lahan

BAGANSIAPIAPI - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Rokan Hilir mendesak warga tak melakukan pembakaran lahan. Pasalnya, akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kabut asap belakangan ini mulai menyelimuti ruang udara di beberapa wilayah.

“Hasil pantauan kita, saat ini kabut asap mulai kembali muncul. Padahal, saat ini belum dikatakan memasuki musim kemarau. Untuk itu, kita tekankan warga tak melakukan pembakaran saat membuka lahan," tegas Kepala Badan Kesbangpolinmas Rohil, H Ramatul Zamri S Sos, Senin (10/2) di Bagansiapiapi.

Ramatul mengatakan, munculnya kabut saat ini masih dikatakan terlalu dini. Karena, biasanya Karhutla muncul pada bulan Maret-April. "Malahan Karhutla hampir terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Riau belakangan ini. Walau demikian, kita akan upayakan membantu memadamkan api," katanya.

Ditegaskannya, baru-baru ini Pemkab Rohil justru membantu pemadaman api di wilayah Kota Dumai. "Hal ini karena areal yang terbakar tepat berada di wilayah perbatasan. Sedangkan kendala di lapangan, petugas mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air dan sulitnya medan,"  ungkapnya. (rep1)